Seorang Desainer Industri Rancang Halte Bus yang Dilengkapi Pengisian Daya EV Nirkabel!

Sumber: psipunk.com

Merambaknya pengadaan bus listrik belakangan ini membuat sejumlah kalangan berusaha untuk menyajikan beragam inovasi yang dapat menunjang pengoperasiannya di kehidupan sehari-hari. Ya, kendaraan berbasis tenaga listrik memang tengah naik daun, pasalnya moda ini digalang-galang dapat meminimalisir polusi udara. Walaupun menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya, namun kinerja kendaraan yang akrab disebut Electric Vehicle (EV) ini nyatanya mampu bersaing dengan kendaraan konvensional.

Baca Juga: Pertama di Dunia! Cina Perkenalkan Halte Bus Cetak 3D dari Bahan Daur Ulang

Nah, layaknya kendaraan konvensional yang membutuhkan kehadiran pom bensin untuk mengisi ulang bahan bakar mereka, moda berbasis tenaga listik pun membutuhkan stasiun pengisian daya sendiri. Beberapa di antara stasiun pengisian daya ini masih menggunakan metode kabel dimana bus akan berhenti di bawah titik pengisian dan kabel tersebut akan mengalirkan sejumlah daya. Namun apa jadinya jika stasiun pengisian daya tersebut menggunakan sistem nirkabel untuk mengisi ulang daya?

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, seorang perancang industri bernama Gavin Harvey merancang sebuah tempat perberhentian bus (halte) yang dilengkapi dengan teknologi pengisian daya listrik nirkabel untuk bus. Hal tesebut tentu saja memancing beragam komentar positif dari berbagai penjuru dunia yang mengetahui rencana pengadaan halte futuristik ini.

Walaupun ini masih sebatas rencana, namun pengadaan stasiun pengisian daya nirkabel ini dipercaya sebagai tolak ukur kemajuan teknologi di era modern seperti sekarang ini. Tidak hanya mampu mengisi ulang daya saja, stasiun ini juga dapat digunakan oleh para penumpang untuk menunggu bus. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pengisian ulang daya gadget dan laptop Anda.

Baca Juga: North Carolina Canangkan Halte Bus dengan Tenaga Surya

Gavin menilai stasiun pengisian daya ini merupakan penyederhanaan kinerja logistik infrastuktur sarana transportasi umum di masa yang akan datang. Adapun stasiun pengisian daya yang diadaptasi oleh Gavin ini merupakan pengembangan teknologi wireless dari WiCity Technology.

Belum ada rincian spesifik mengenai rencana lebih lanjut tentang pembangunan stasiun pengisian daya EV ini, namun kehadirannya di masa yang akan datang diprediksi mampu mengefisiensikan waktu pemberhentian  yang dilakukan oleh bus ketika ‘menjaring’ penumpang di halte.