Sensasi Kursi Nyaman dalam Penerbangan, Inilah Rekomendasi dari Pilot!

Jonny Knowlson (The Sun)

Terbang menjelajahi angkasa dengan pesawat adalah hal biasa bagi para pelancong maupun pebisnis untuk sampai ke suatu negara atau kota yang akan dikunjungi. Tak hanya itu, terbang dengan pesawat Anda sudah tahu resiko apa yang akan terjadi seperti turbulensi, kelelahan dan kram kaki.

Baca juga: Mau Tidur Nyenyak dalam Penerbangan? Ini Dia Tips dari Awak Kabin!

KabarPenumpang.com merangkum dari laman thesun.co.uk (31/3/2018), salah seorang pilot pesawat komerisal, Jonny Knowlson membantu memberikan tips untuk memilih kursi yang tepat agar penerbangan terasa nyaman. Berikut ini beberapa tips untuk Anda menikmati penerbangan agar bisa meregangkan kaki dan menghindari hal terburuk dari turbulensi.

1. Masalah mungkin ada di bagian depan
Banyak orang yang menghindari duduk di bagian depan pesawat. Sebab banyak yang berpikir bagian ini tidaklah aman. Namun Jonny mengatakan, sebenarnya bagian depan bukanlah tempat yang buruk untuk menjadi pilihan.

“Bila Anda mencari perjalanan yang mulus, tahukah Anda duduk di dekat sayap di pesawat berbadan besar dengan ketinggian tertentu menguntungkan?” ujar Jonny.

Jonny mengatakan, hal ini menguntungkan karena tempat ini lebih dekat dengan pusat massa pesawat. Menurutnya kekuatan daya angkat, torsi, angin, gravitas, dan lainnya tak terlalu terasa jika berada di bagian ini sehingga penumpang akan merasakan perjalanan yang mulus meski terjadi turbulensi sekalipun.

2. Tidur nyenyak
Dengan penerbangan malam, tidur adalah salah satu kunci untuk menikmati penerbangan. Apalagi jika Anda tidur dengan nyenyak tanpa ada gangguan masalah kaki atau kursi yang di duduki.

“Untuk kursi yang paling tenang dan membuat penumpang tidur adalah yang jauh dari mesin. Jika Anda tidak mendapatkan tempat duduk di depan, maka pilihlah kursi di bagian lorong,” kata Jonny.

Menurutnya, bagian lorong akan lebih sepi meski jauh dari jendela. Sehingga penumpang bisa menikmati tidur yang nyenyak jika berada dalam penerbangan malam atau penerbangan jarak jauh.

3. Meluruskan kaki
Duduk lama di pesawat bisa membuat badan pegal dan kaki terkena penyumbatan pembuluh darah jika tidak sering di luruskan atau digerakkan. Apalagi untuk orang tua, orang yang memiliki tubuh jangkung dan anak-anak perlu banyak bergerak.

“Saya bisa merekomendasikan kepada penumpang agar mendapatkan tempat duduk yang tepat dengan Seat Guru. Dengan Seat Guru, penumpang hanya butuh memasukkan nama maskapai penerbangan yang digunakan, nomor penerbangan dan tanggal bepergian,” kata Jonny.

Dia mengatakan, belum lama ini dirinya bepergian ke Jenewa dengan Airbus A319 dan menggunakan Seat Guru. Jonny mendapatkan hasil saran untuk duduk di baris 10 kursi B, C, D dan E karena memiliki ruang kaki ekstra karena dekat dengan pintu darurat.

Jonny menambahkan, karena duduk dekat pintu darurat, bagi penumpang yang membawa tas tangan harus siap untuk menyimpannya di kompartemen atas. Dia mengatakan, berada di pesawat Dreamliner 787, kursi di baris 30 memiliki tempat kaki yang ekstra.

Baca juga: SeatGuru, Aplikasi ‘Pendeteksi’ Tersedianya WiFi dan Stop Kontak di Dalam Penerbangan

4. Dekat jalan keluar
Jonny mengatakan, bagi penumpang yang ingin keluar dengan cepat setelah mendarat dan pintu pesawat terbuka baiknya pilih duduk dekat jalan keluar. Bagian depan atau belakang pesawat sebelah kiri.

“Dengan tas di kompartemen atas Anda yang duduk di dekat pintu, maka keluar akan lebih cepat tanpa waktu yang lama untuk menunggu seperti di bagian tengah kabin,” tutur Jonny.