Sejarah Orang Batak Ternyata Ada di Pulau Samosir

GoVakansi

Bukan hanya daya tarik perjalanannya melalui laut maupun darat, Pulau Samosir juga terkenal akan keindahan dan budayanya yang kental dan sarat makna. Pulau Samosir ini merupakan cikal bakal adanya orang Batak tepatnya di daerah Pusuk Buhit di Pangururuan. Di sini terdapat makam asli orang Batak dengan jalur yang agak sulit ditempuh.

Tak hanya itu, di daerah PusukBuhit tepatnya di Aek Rangat Pangururan selain Anda mengenal sejarah orang Batak, Anda juga bisa menghilagkan lelah dan penat selama perjalanan dengan mandi air panas. Disini untuk merasakan mandi air panas tak perlu bayar alias gratis, bila ingin menikmati kopi di dekat pemandian ini ada tempat untuk minum kopi.
0945259patunggg1780x390Untuk Anda yang menggunakan jasa penyeberangan kapal penumpang, kapal wisata atau speed boat dan bersandar di Tomok, Tuktuk ataupun Ambarita (Simanindo) akan disuguhi tentang sejarah raja-raja Samosir. Di Simanindo, Ambarita, Anda bisa mengunjungi batu persidangan yang menceritakan persidangan di kala itu. Dulu, bila di desa tersebut ada pencuri atau penjahat, hukuman yang diberikan adalah di hakimi di tempat persidangan kemudian kepalanya di pancung di batu persidangan.

Selain itu, di Simanindo Anda juga bisa melihat patung Sigale-gale dan Hutabolon. Patung yang menggambarkan seorang pangeran yang mati di medan perang. Karena sang Raja mulai kehilangan akal sehatnya, seorang tabib memanggil arwah pangeran dan dimasukkan ke dalam patung kayu. Kalau Anda percaya tahayul, patung ini bisa bergerak sendiri, namun saat ini sudah digerakkan oleh manusia.
batu-persidangan-batak-kunoHutabolon merupakan desa wisata yang terdapat patung Sigale-gale ini. Bila Anda berkunjung ke huta ini, bisa dikatakan menikmati destinasi sepaket. Anda akan disuguhkan tarian Tortor kemudian di ajak untuk menari Tortor bersama dan menikmati patung Sigale-gale.

Selain Simanindo, di Tomok juga ada wisata sejarah. Di daerah ini Anda akan melihat makam Raja Sidabutar dan Museum Batak. Anda akan di ceritakan asal usul raja-raja ini dan apa saja yang ada di museum Batak. Dari bentuk rumah, atap, ukiran yang ada di rumah akan di jelasskan secara detail dan lengkap. Kemudian, Anda akan diajak masuk ke dalam rumah tersebut. Rumah Batak ini, semakin tua dan terus di tempati akan semakin kokoh, namun bila sudah tua dan tidak di tinggali maka akan rubuh serta usang dimakan usia.

Sebenarnya ada beberapa penginapan di Pulau Samosir ini, salah satunya Tuktuk. Anda yang ingin melihat Danau Toba malam hari dari Pulau Samosir menginap di beberapa penginapan di sini salah satunya Samosir Villas yang berada di pinggir Danau Toba. Untuk menikmati air terjun Anda juga bisa menikmatinya di Pulau ini, selain indah, airnya sangat bersih dan segar.