“See Say Airport,” Aplikasi Bandara Denver untuk Keselamatan dan Keamanan Penumpang

(Passenger Terminal Today dan ELERTS Corp.)

Semakin banyak bandara yang menghadirkan aplikasi untuk memudahkan penumpangnya, seperti mencari tempat makan, lounge, toilet bahkan untuk melakukan boarding pass. Tapi ada yang berbeda dengan aplikasi milik Bandara Internasional Denver (DEN).

Baca juga: Aira, Aplikasi Pembantu Penyandang Tuna Netra di Bandara

Dimana bandara yang ada di Amerika Serikat tersebut meluncurkan aplikasi yang bisa langsung melaporkan masalah keselamatan dan keamanan kepada pihak keamanan bandara. Dilansir KabarPenumpang.com dari passengerterminaltoday.com (28/6//2018), aplikasi milik Bandara Denver ini bernama See Say Airport.

Dalam aplikasi ini, semua penumpang yang menggunakannya bisa berbagi informasi tentang segala hal yang terlihat di bandara seperti kecurigaan orang atau aktivitas. Kemudian bagasi tanpa pengawasan, tumpahan makanan atau minuman hingga toilet yang kotor. Dengan aplikasi tersebut, penumpang dimungkinkan untuk mengirim, foto, video, pesan teks dan informasi lokasi dengan GPS ke operasi bandara untuk mendapat bantuan.

Nantinya, laporan yang masuk tersebut akan diselidiki dan ototritas bandara bisa saja melakukan komunikasi kembali kepada pengirim laporan dengan pertanyaan atau informasi lanjutan. Bahkan laporan tersebut juga bisa dikirim secara anonim.

“Kami senang bekerja dengan Bandara Internasional Denver saat mereka mengambil langkah berikutnya menuju keamanan dan keselamatan bandara yang lebih baik. Kampanye Department of Homeland Security (DHS) See Something Say Something memberi perhatian pada pentingnya melaporkan aktivitas yang mencurigakan kepada penegak hukum negara bagian dan lokal, tetapi dibuat sebelum ponsel adalah aksesori sehari-hari untuk hampir semua orang,” kata Ed English, CEO Elerts.

Menurutnya menggabungkan upaya kampanye dengan aplikasi See Say Airport, akan memudahkan siapa saja di bandara untuk melaporkan perilaku mencurigakan atau kegiatan yang dipertanyakan. Karena semua menjadi kombinasi yang kuat dan membawa insiatif keamanan di abad 21 ini.

DEN adalah bandara pertama di negara yang memanfaatkan Elerts, dimana ini merupakan aplikasi komunikasi keselamatan publik, untuk memasyarakatkan pelaporan masalah keselamatan dan keamanan. Elerts mengembangkan platform komunikasi See Something Say Something terkemuka untuk bandara, kota dan agen transit.

Baca juga: Bandara Kuala Lumpur Hadirkan “MYairports” untuk Mudahkan Penumpang

Sistem manajemen insidennya diberdayakan oleh pelaporan masalah keamanan dan keselamatan yang didukung oleh crowdsourced. Kim Day, CEO di DEN, menambahkan, keselamatan adalah prioritas nomor satu dan dengan mengunduh serta melaporkan masalah melalui aplikasi See Say Airport, publik dapat mengambil peran aktif dalam menjaga bandara seaman mungkin.

“Kami mendorong siapa pun yang mengunjungi bandara secara teratur untuk mengunduh aplikasi dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan otoritas bandara secara langsung mengenai masalah keselamatan dan keamanan,” ujar Day.