Satu Layanan Bisa Beda Tarif, Kenali Sub Class di Kereta Api

Satu layanan bisa beda tarif, hal ini hanya ada di kereta api (KA), sebut saja dalam perjalanan KA Eksekutif Gajayana jurusan Jakarta – Malang, tidak ada perbedaan dari jenis dan kualitas kursi yang ada di setiap rangkaian gerbong. Namun uniknya setiap kursi tidak dijual dengan tarif yang sama, dan inilah yang disebut penerapan sub class yang berlaku di PT KAI.

Merujuk ke asal muasalnya, sub class adalah zona tempat duduk dalam KA yang mulai diterapkan per April 2013. Sub class ini bisa ditemukan pada KA kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC. Adanya perbedaan sub class ini membuat harga tiket bervariasi satu dengan yang lainnya dan soal fasilitas yang disediakan tidak ada yang berbeda.

Penerapan sub class ini tidak sama untuk setiap rangkaian KA, dalam rangkaian ada yang hanya terdapat satu sub class dan ada yang lebih dari satu sub class. Berdasarkan sistem baru yang mulai berlaku empat tahun lalu, berikut ini adalah sub-sub class yang terdapat dalam setiap kereta api.
UntitledEksekutif memiliki sub class A, H, I, J dan X. sub class A memiliki tarif tertinggi dan J terendah , biasanya sub class X adalah tarif promo. Sama halnya dengan Eksekutif, kelas Bisnis juga memiliki lima sub class yakni B, K, N, O dan Y. Dengan sub class B memiliki tarif tertinggi dan O terendah serta sub class Y adalah tarif promo. Di kelas Ekonomi AC pun berlaku hal yang sama, untuk sub class C memiliki tarif tertinggi dan terendah di sub class S, sedangkan tarif promo ada di sub class Z.

Dalam satu kereta yang memilki lebih dari satu sub class, nantinya yang di untungkan adalah sub class termahal. Biasanya sub class ini berada di tengah rangkaian kereta dengan segala kemudahan yang akan dirsakan para penumpang pada sub class ini. sub class termahal di kelasnya baik Eksekutif, Bisnis maupun Ekonomi AC akan mendapat keuntungan yang sama yakni sebagai berikut.

1. Goncagan lebih halus
Bagi sebagian orang, posisi ini akan terasa sangat nyaman karena kursi tidak berada di atas rangkaian roda kereta (Bogie). Biasanya yang berada di kelas Eksekutif tidak akan terlalu merasakn goncangannya walaupun kursi yang diduduki berada di atas Bogie bila di bandingkan dengan kelas Bisnis dan Ekonomi.

2. Lebih tenang
Dalam perjalanan kereta, ada saja orang yang akan mondar mandir dan membuat Anda tidak nyaman dengan hal itu. Apalagi pintu kereta yang berisik saat dibuka atau di tutup.

3. Lebih aman
Ini sudah pasti menjadi pilihan, kalau Anda berada di tengah maka kejahatan atau orang yanga akan berbuat jahat juga akan lebih susah mengambil barang-barang Anda dibandingkan yang duduk di dekat pintu.

4. Dekat dengan pintu keluar masuk stasiun dan restorasi
Biasanya baagian tengah sub class ini akan merasakan keuntungan yang lebih di banding yang lain. Selain dekat dengan restrasi karena berada di tengah kereta. Penumpang juga akan merasakan kemudahan saat masuk dan keluar rangkaian. Biasanya akan dekat dengan pintu masuk atau keluar stasiun.

Untuk susunan duduk di setiap gerbong pun di atus sesuai sub classnya. Biasanya sub class A, B dan C berada di tengah gerbong dan jauh dari pintu. Sedangkan sub class termurah J, O dan S biasanya berada dekat dengan pintu. Untuk sub class lainnya berada di antara sub class termurah dan termahal.