Saat Kecelakaan Jangan Panik, Ikuti Langkah Berikut Ini!

Ilustrasi tabrakan mobil

Kecelakaan mobil dalam berkendara bisa terjadi kapan saja. Tak hanya itu, karena kecelakaan bisa menyebabkan seseorang stres dengan pikiran apa yang harus dilakukan seperti apakah harus memindahkan mobil? menelpon polisi atau klaim asuransi?

Baca juga: Yang Harus Diingat dari Asuransi Penumpang

Pertanyaan ini membuat diri menjadi lebih sakit apalagi jika Anda menjadi korbannya. KabarPenumpang.com merangkum bahwa ada langkah-langkah yang bisa membantu Anda mengambil keputusan saat mengalami kecelakaan. Berikut pertimbangan yang bisa diambil setelah mengalami kecelakaan mobil.

1. Merasakan cedera
Jika saat kecelakaan dan mengalami luka, baiknya hubungi ambulans, polisi atau meminta bantuan orang lain. Jika terluka parah baiknya tidak bergerak dan tunggu petugas medis datang membantu.

2. Lihat kondisi penumpang
Jika pengemudi tidak mengalami luka serius bisa melihat keadaan penumpang lain di mobil. Bila terlihat luka maka hubungi medis dan meminta pertolongan orang lain yang lewat untuk membantu pertolongan pertama.

3. Mengamankan diri
Saat terjadi kecelakaan dan berada di tengah jalan dan masih bisa bergerak, baiknya berpindah perlahan ke sisi jalan atau trotoar. Ini akan menjauhkan Anda dari kecelakaan yang lebih parah.

4. Hubungi polisi (112)
Menghubungi polisi itu penting bagaimanapun kondisi kecelakaannya. Kecelakaan kecil atau besar bisa dibantu secara hukum. Petugas kepolisian yang merespon akan membuat laporan kecelakaan dan mendokumentasikannnya.

5. Tunggu bantuan
Selagi menunggu bantuan dar pihak kepolisian atau ambulans, mesin kendaraan bisa dimatikan dan menyalakan lampu tanda untuk memperingatkan kendaraan lainnya yang akan melintas.

6. Memberikan informasi kepada pemberi bantuan
Dengan memastikan Anda dan penumpang lain tidak terluka bisa memberikan informasi lengkap kepada pengemudi lain jika ada yang melintas dan membantu. Lokasi kejadian juga penting selain informasi lengkap tentang data diri.

Bila Anda tidak terlalu parah lukanya dan masih bisa memberikan dengan jelas informasi, tanyakan ke polisi ketika mereka tiba untuk meminta salinan laporan kecelakaan tersebut. Memfoto semua sudut kendaraan untuk menunjukkan kerusakan mobil. Bila ditabrak kendaraan lain bisa memfoto plat mobil itu. Tulis semua nama yang terlibat termasuk penumpang kendaraan lain. Tak lupa berkomunikasi dengan saksi jika ada yang melihat kejadian tersebut.

Baca juga: SafeDrive, Bantu Anda Hadapi Kondisi Darurat Selama Berkendara

7. Perhatikan petunjuk dan mulai proses klaim
Setelah kecelakaan mungkin Anda menghubungi pihak asuransi dan menanyakan secara jelas apa yang diperlukan untuk proses klaim serta apa yang terjadi selama proses klaim. Kecelakaan sendiri bisa menyebabkan seorang pengemudi berpengalaman merasa lelah, tapi dengan mengikuti langkah ini bisa membantu melindungi dari kekhawatiran yang tidak perlu. Sehingga Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk memperbaiki kendaraan dengan lancar dan secapt mungkin.