Saat Bom Ditemukan, Inilah Lokasi Pengamanan Sebelum Pesawat Didaratkan

Kabin pesawat redup saat lepas landas dan mendarat (BlazePress)

Sering kali ancaman bom hadir di dalam sebuah penerbangan. Bahkan beberapa di antaranya membuat panik seluruh isi pesawat. Belum lama pun ada ancaman bom dii pesawat Scoot tujuan Thailand dan pilot menerbangkan kembali pesawat ke Singapura tanpa memberitahukan penumpang agar tidak terjadi kepanikan.

Baca juga: Akibat Ancaman Bom Palsu, Pesawat Scoot Dikuntit F-15SG dan Tunda Penerbangan Ke Thailand

Namun, bagaimana jika bukan hanya sekedar ancaman bom, melainkan bom itu sendiri berada di dalam kabin pesawat yang tengah mengudara menuju suatu tempat? KabarPenumpang.com melansir dari laman news.com.au (15/4/2018), tahun 2015 lalu diketahui sebuah ledakan dalam pesawat Rusia menewaskan 224 orang didalamnya.

Hal ini, membuat maskapai penerbangan memiliki rencana kontijensi jika ada bom ditemukan di salah satu pesawat mereka. Setiap pesawat memiliki lokasi bom dengan risiko rendah yang dipilih, ini merupakan tempat yang paling aman jika terjadi ledakan onboard.

Menurut seorang pilot berpengalaman, lokasi teraman adalah berada di sebelah salah satu pintu kabin paling belakang pesawat.

Ilustrasi bagian aman pesawat tempat bom di letakkan sebelum di ledakkan (The Sun)

“Jika alat peledak ditemukan dalam pesaat dan bisa dibawa, maka alat peledak tersebut akan dipindahkan ke tempat itu dan ditutupi dengan bahan atau perabot seperti koper atau apapun yang bisa mengurangi efek ledakan,” ujar seorang pilot.

Bom yang tertutup dengan koper serta material berat lainnya akan mendorong gaya ledakan keluar lebih kuat dibandingkan di dalam pesawat.

“Para pilot juga akan menurunkan ketinggian pesawat dan kemungkinan besar akan menurunkan tekanan dalam kabin. Bom yang ditemukan, tidak akan dengan sengaja diledakkan. Idenya adalah mendarat dan mengevakuasi penumpang secepat mungkin,” kata pilot tersebut.

Departemen Perhubungan atau Department Of Transportation (DOT) Amerika Serikat menerbitkan beberapa makalah tentang lokasi bom dengan risiko terkecil. Mereka mengatakan, bahwa lokasi di pesawat untuk meletakkan bom tersebut harus bisa melindungi struktur kritis dan sistem penerbangan dari kerusakan jika seandainya terjadi ledakan.

Baca juga: Antisipasi Bom Sepatu Terulang, Perusahaan Asal Inggris Kembangkan Sistem Pemindai Revolusioner

Prosedur lokasi bom dimulai secara sukarela oleh produsen pesawat sekitar tahun 1972 silam. Menurut DOT, mereka telah membuktikan secara signifikan tempat di dalam kabin pesawat yang mengurangi efek ledakan. Untuk lebih jelasnya, lokasi tersebut tidak diketahui masyarakat umum dan di tempat tersebut tidak ada tanda yang menunjukkanya.