Punya Kualitas Rendah Karbon, Halte di Inggris Raih Predikat Ramah Lingkungan

Halte bus di UEA (www.uea.ac.uk)

Setelah bus hadir dengan teknologi ramah lingkungan, maka halte sebagai pra sarana transportasi idealnya juga harus mendukung kampanye yang sama. Namun pada penerapannya, terasa jauh lebih sulit mengimplementasikan halte yang ramah lingkungan. Namun nun jauh di Inggris, tepatnya kota Norwich, justru ada halte yang dibangun dengan tak hanya ramah lingkungan, tapi juga dapat memberi rasa nyaman bagi calon penumpang bus.

Baca juga: Teknologi Ultra Broadband Sambangi Halte Bus di Selandia Baru

KabarPenumpang.com melansir dari laman uea.ac.uk (6/10/2017), sebuah halte bus di Univesity of East Anglia (UEA) di Inggris mendapat penghargaan dari Asosiasi Arsitek Norfolk atas keahlian dan desain yang dihadirkannya. Halte ini mendapat penghargaan lantaran dianggap sebagai salah satu tempat yang memiliki kualitas karbon rendah.

Sebab, proyek halte bus ini bangun oleh MJS dengan menggunakan bahan yang berkelanjutan dan memiliki atap hijau untuk memberikan kesan keanekaragaman hayati dan sangat ramah lingkungan. Sedangkan untuk desain halte ini sendiri dibuat oleh arsitek LSI yang membuat struktur bangunanan dengan baja Kantilever sederhana yang di susun di bagian tengah halte.

Tempat duduk untuk menunggu bus di halte ini pun dibuat sedikit unik dengan menjadikan beberapa ayunan dan sisanya seperti tempat duduk biasa. Selain membuat nyaman, menunggu bus pun menjadi tidak bosan. Tak hanya ramah lingkungan dan nyaman, halte bus ini juga sudah dilengkapi dengan papan informasi elektronik dengan jadwal real time terkait kedatangan dan keberangkatan bus.

Baca juga: Nunggu Bus di Halte ini Bisa Bikin Tambah Pintar, Lho!

“Halte bus ini merupakan proyek kolaborasi dengan gagasan dan umpan balik dari pengguna bus, termasuk mahasiswa yang memang akses ke kampusnya menggunakan bus. Selain itu ide rancangan halte ini mendapat masukan kreatif dari para arsitek LSI. Ini menghasilkan tempat penampungan yang menarik atas beberapa gagasan dan memberi cetak biru untuk area tunggu di masa depan,” ujar Dawn Dewar, Koordinator Transportasi Univesity of East Anglia.

Diketahui, halte bus ramah lingkungan di Univesity of East Anglia sudah ada dan dibuka pada November 2016 lalu yang juga menjadi bagian dari skema Dewan Norfolk County dan pihak univestitas untuk meningkatkan citra, efektivitas dan penggunaan transportasi umum di area kampus.