Puncak HUT TNI Ke-72, Sejumlah Maskapai Alihkan Penerbangan Menuju Bandara Soetta

Sumber: istimewa

Sehubungan dengan HUT TNI ke-72 yang jatuh pada pada Kamis, 5 Oktober 2017, sejumlah pra-sarana transportasi dijadikan sebagai “panggung” bagi pasukan garda depan Republik Indonesia ini untuk merayakan hari jadinya. Selain Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten yang akan menjadi saksi bisu bersandarnya puluhan kapal perang TNI AL dalam berbagai jenis. Begitupun dengan markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI AU yang juga beroperasi sebagai bandara penerbangan sipil, Halim Perdanakusuma yang rencananya akan ditutup sementara untuk memperingati hari jadi TNI.

Baca Juga: HUT TNI 5 Oktober 2017, Inilah Rekayasa Layanan Penyeberangan Ferry di Pelabuhan Merak

Sejumlah maskapai dikabarkan akan dialihkan sementara ke Bandara Internasional Soekarno Hatta selama beberapa hari, terhitung sejak tanggal 1 hingga 5 Oktober besok. Walaupun dalam beberapa hari ke belakang masih ada penerbangan sipil dari bandara ini, namun mereka semua terpaksa ditunda keberangkatannya karena bandara tersebut dijadikan tempat latihan anggota TNI AU yang akan unjuk gigi besok.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, maskapai Batik Air dengan nomor penerbangan ID7533 tujuan Yogyakarta yang dijadwalkan berangkat pada Senin (2/10/2017) pukul 13.05 WIB terpaksa mengalami delay selama beberapa jam karena kesibukan di bandara yang terletak di Jakarta Timur tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang petugas Batik Air, bahwa hampir seluruh penerbangan komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma dipaksa menyesuaikan jadwal mengingat kesibukan di tarmac dalam rangka menjelang HUT TNI ke-72, terhitung sejak Minggu (1/10/2017). Atas keterlambatan pemberangkatan tersebut, pihak maskapai menyampaikan permohonan maaf dengan alasan operasional penerbangan.

Begitu pula nasib yang dirasakan oleh maskapai Citilink, dimana mereka harus menjalani pengoperasian penerbangannya sementara melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Total jumlah penerbangan yang disesuaikan tercatat ada 49 penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, diantaranya adalah destinasi Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, Solo, Malang, Denpasar, Lombok, Medan dan Padang.

Baca Juga: Dorong Potensi Wisata, Citilink Buka Rute Baru Medan-Yogyakarta

“Kegiatan operasional penerbangan Citilink akan melakukan penyesuaian jadwal penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma,” ungkap Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia, Benny Butarbutar dilansir dari sumber terpisah. Akibat penyesuaian jadwal ini, seluruh calon penumpang diimbau untuk datang lebih awal menuju bandara, serta menggunakan fasilitas web check-in. “Hal tersebut untuk menghindari penumpukan penumpang di bandara dan calon penumpang dapat mengikuti seluruh prosedur di bandara tanpa harus terburu-buru,” imbuh Benny.

Sesuai prosedur sebelumnya, pihak Citilink juga telah menginformasikan kepada para calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan pada tanggal tersebut melalui call center. Tak hanya itu, Citilink juga menyediakan opsi re-schedule dan re-route penerbangan yang prosesnya dapat dilakukan dengan menghubungi call center Citilink.