PT INTI Dukung Modernisasi Online Ticketing Untuk Penumpang Ferry ASDP

Sudah setahun belakangan PT ASDP Indonesia Ferry meluncurkan layanan online ticketing, namun harus diakui adopsi sistem dan user interface yang diterapkan masih jauh tertinggal dari penyedia layanan moda transportasi lainnya, salah satunya belum ada aplikasi untuk penggunaan di smartphone dan sistem pembayaran yang masih terbatas menggunakan ATM di bank-bank tertentu.

Baca juga: Tiket Online Ferry ASDP – Animo Menurun Pasca Lebaran, Optimis Meningkat di Liburan Akhir Tahun

Untuk menjawab tantangan tersebut, hari ini PT ASDP Indonesia Ferry menjalin kerja sama strategis dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia alias PT INTI untuk melakukan modernisasi pada sistem penjualan tiket online, khususnya untuk target penumpang kapal ferry yang tidak membeli tiket di pelabuhan.

Kedua BUMN ini bersepakat untuk melakukan sinergi pengembangan modernisasi ticketing di lingkungan ASDP melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) yang digelar Senin (27/11/2017). MOU yang ditandatangani Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara serta Direktur Utama PT ASDP Faik Fahmi ini merupakan langkah awal peningkatan sinergi kedua belah melalui optimalisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi badan usaha milik negara (BUMN).

Rencananya, kerja sama akan mencakup sinergi bidang industri telekomunikasi, elektronika, informatika, kelistrikan, dan energi. Selain itu, kedua belah pihak menyepakati sinergi bentuk lainnya yang relevan bagi kedua pelat merah ini. “Tujuan besarnya untuk mendapatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara, usai penandatanganan MOU, di Kantor Pusat PT ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Senin (27/11).

Dalam kerja sama ini, PT INTI menyediakan perangkat M-POS untuk e-ticketing PT ASDP yang memiliki kelebihan dalam perangkat terintegrasi atau All-In-One Embedded yang meliputi smartphone, mobile printer, e-KTP Reader, dan fingerprint. Selain itu, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerja sama pemanfaatan layanan INTIPay atau alat bantu pembayaran tunai dan non tunai yang terintegrasi dengan aplikasi pencatatan penjualan serta verifikasi kartu identitas elektronik sebagai media alternatif pembayaran dalam pembelian tiket ferry.

Baca juga: Sambut HUT RI Ke-72, PT ASDP Buka Layanan Tiket Online di Tujuh Lintasan

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi menyatakan apresiasi atas kerja sama dengan PT INTI terkait modernisasi sistem ticketing di lingkungan ASDP. Menurut dia, selain dapat meningkatkan performa bisnis dan memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan, kerja sama layanan dalam transaksi e-ticketing ini akan semakin memudahkan pengguna jasa saat membeli tiket ferry.

Diungkapkan, dengan adanya perangkat terintegrasi layanan transaksi tiket akan lebih praktis, manifest penumpang lebih akurat karena langsung membaca data dari e-KTP, dan layanan pembayaran INTIPay mendukung rencana PT ASDP dalam penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran tiket.

Darman ikut menambahkan, sinergi komprehensif ini rencananya akan berlaku selama setahun sejak nota kesepahaman ini disepakati. “Harapannya, kerja sama ini akan berkelanjutan tidak hanya pada induk perusahaan, tapi juga pada anak usaha dan afiliasi,” tuturnya.

Pihak PT ASDP Indonesia Ferry rencananya akan memprioritaskan penyediaan layanan baru ini pada cabang utama seperti di Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Padangbai, Lembar, Kayangan dan Pototano. Meski begitu, belum ada informasi lebih detail tentang jadwal soft launch layanan baru dari dua BUMN ini, sumber internal ASDP menyebut masih diperlukan penyelarasan dalam sisi regulasi. Sementara untuk pembelian tiket kendaraan tetap melalui jalur pelabuhan, pasalnya penentuan golongan kendaraan ditentukan lewat sistem berbasis sensor.