PT Angkasa Pura II Canangkan Penambahan Runway Bandara Supadio

SH.net

Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat rencananya akan ditambahkan landasan pacu atau runway yang baru. PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan rencana ini dikarenakan adanya respon atas kemungkinan penambahan lalu lintas penumpang. Selain itu, semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi daerah di Pontianak.

Pada 2016 lalu, Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, lalulintas penumpang banara Supadio ini menembus angka 2,3 juta penumpang per tahunnya. Padahal terminal di bandara Supadio ini hanya mampu menampung penumpang sebanyak 1,5 juta.

Awal mengatakan saat ini bandara Supadio memiliki luas mencapai 32 ribu meter persegi dan bisa menampung hingga 3,8 juta penumpang pertahunnya. Namun saat ini hanya mampu kurang dari setengah daya tamping yang ada yakni 1,5 juta penumpang per tahunnya dan diprediksi terus bertambah dan mendorong peningkatan lalu lintas penerbangan.

Dilansir dari angkasapura2.co.id, kondisi di Bandara Supadio tersebut ditambah adanya fakta bahwa penggunaan fasilitas seperti landas pacu bersama dengan lapangan udara militer. Sehingga, lalu lintas penerbangan di bandara tersebut padat.

“Karena pergerakan aircraft (pesawat) sipil dan militer itu tinggi, kalau digabung sekitar 60 pergerakan pesawat per jam. Itu asumsi pada jam sibuk dan kita jadikan standar,” kata Awaluddin (18/3/2017).

Sehingga upaya peningkatan layana dan mengatasi peumpang yang menumpuk serta padatnya lalu lintas penerbangan, membuat AP II merencanakan penambahan runway tersebut. Adanya penambahan ini juga sesuai arahan Menteri BUMN Rini Soemarno bahwa lalu lintas penerbangan harus dipatok dan menembus 5 juta penumpang per tahun. Hal ini pula yang membuat rencana penambahan runway tak bisa lama-lama dibiarkan dan harus di segerakan pembangunannya.

“Awalnya skenario ultimate baru dimulai dua sampai tiga tahun lagi. Akan tetapi, dengan arahan Bu Menteri hari ini, skenario tadi kita akan percepat, termasuk pembangunan second runway,” ujar Awaluddin.

AP II akan melaksanakan penambahan runway bandara Supadio pada 2018 mendatang. Diketahui, saat ini panjang landasan pacu yang ada di bandara Supadio 2.250 meter dengan lebar 45 meter. Awaluddin menambahkan desain utama pembuatan runway sudah ada, nantinya runway yang existing akan menjadi parallel taxi runway dengan runway yang baru. Adapun penambahan panjang landasan pacu dari 2.250 menjadi 2.500 meter dengan lebar yang sama ditambah runway baru sepanjang 3000 meter.