Prototipe Podbike Akan Diluncurkan Pada April 2018

Pengenalan Podbike (newatlas.com)

Podbike merupakan sebuah kendaraan yang dikemudikan dengan cara mengayuh seperti halnya sebuah sepeda. Bedanya dengan sepeda biasa, Podbike memiliki empat roda dimana dua roda bagian depan dan dua lainnya di bagian belakang.

Baca juga: Prototipe Taksi Drone Ehang 184, Sukses Uji Coba Dalam 1000 Kali Terbang

Podbike ini sendiri merukapakan velomobile beroda ganda yang dikembangkan oleh perusahaan Norwagia Elpedal. Saat itu, tepatnya pada November 2017 kemarin nama Podbike baru tersiar dan casis Podbike baru ada secara virtual atau hanya sebatas gambaran kendaraan yang lengkap dan terpampang di dalam layar komputer.

Namun, hal itu semua menjadi nyata baru-baru ini, dimana sebuah prototipe lengkap pertama di presentasikan pada sebuah acara di Sandnes di Norwegia. KabarPenumpang.com  melansir dari laman newatlas.com (8/2/2018), Podbike yang merupakan kendaraan roda empat untuk manusia ini bertenaga pedal atau mengayuh untuk menjalankannya dan terhubung langsung ke generator.

(newatlas.com)

Dimana nantinya pedal yang dikayuh tersebut menghasilkan tenaga secara elektrik dengan menghubungkan ke beberapa motor penggerak di masing-masing roda belakang. Selain itu, Podbike ini juga di tambah dengan paket baterai yang bisa dilepas dan fungsinya untuk menjadi daya tambahan.

Jika ditambah dengan baterai, kecepatan maksimum Podbike bisa mencapai 25 km per jam atau sekitar 16 mph dan bisa dibatasi secara elektronik. Jangkauan dengan penggunaan baterai sendiri bisa mencapai jarak 60 km atau sekitar 37 mil bahkan bisa lebih jauh sedikit jika baterai ekstra ditambahkan secara paralel.

Dalam bentuk komersialnya, kendaraan ini harus memiliki berat sekitar 40 sampai 50 kg dengan tambahan satu baterai. Prototipe ini sendiri dikenal sebagai T0 yang diresmikan pada 26 Januari kemarin menjadi yang pertama dalam batch 12 kendaraan uji dan juga disebut seri 0 dan akan dibangun dalam tiga hingga empat bulan kedepan.

Nantinya, sepuluh dari Podbike seri 0 ini akan di uji coba di jalan Norwegia dan dievaluasi oleh pembalap uji. Kemudian hasil uji coba tersebut akan dilaporkan pada pengembang. Peluncuran seri 0 sendiri secara resmi di Eropa akan berlangsung pada 28 April 2018 mendatang pada pameran sepeda khas Spezi di Jerman.

Baca juga: Toyota Lansir JPN Taxi, Prototipe Taksi dengan Bahan Bakar Hybrid

Podbike sendiri akan tersedia di Norwegia pada awal 2019 dan di tempat lain di Eropa tahun 2020 mendatang. Penafsiran harga per Podbike sekitar US$6372 atau Rp87 di Norwegia. Harga tersebut sudah termasuk dengan PPN dan penjualan lokal atau sekitar €4500 atau sekitar US$5515 atau Rp75 juta dan ditambah pajak dan pengiriman ke pasar Eropa lainnya.

Untuk pasar Amerika Utara sendiri saat ini belum ada rencana untuk ke sana. Sebab Undang-undang Amerika membatasi e-bike dengan lebih dari tiga roda.