Promosikan Tiket Online Lebaran, ASDP Ferry Gelar Undian Berhadiah

Dalam momentum Angkutan Lebaran 2018, ASDP menggelar program apresiasi bertajuk “Mudik Asyik Tanpa Antre” yang ditujukan kepada pengguna jasa yang membeli tiket secara online. Para pemudik yang beruntung, akan mendapatkan undian grand prize 2 unit sepeda motor dan hadiah menarik lainnya.

Baca juga: Sistem Tiket di Pelabuhan Ferry Merak-Bakauheni Resmi Berganti, Inilah Perbedaannya!

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi dalam siaran pers (7/8) mengatakan, pengaturan jadwal perjalanan dengan kapal ferry penting dilakukan agar perjalanan arus mudik maupun balik berjalan lancar sehingga pemudik dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H bersama keluarga. Untuk itu, kami menghimbau agar pemudik memilih perjalanan di siang hari demi keselamatan serta membeli tiket online agar dapat mengatur keberangkatannya dengan baik, yaitu menyeberang sebelum waktu puncak arus mudik sehingga dapat menghindari kepadatan saat arus puncak.

Demi kelancaran dan kenyamanan di perjalanan, pemudik pejalan kaki, dan yang membawa sepeda motor atau mobil pribadi, Ira mendorong agar melakukan pembelian tiket berjadwal secara online yang dapat diakses selama 24 jam melalui http://tiket.indonesiaferry.co.id Pembelian tiket secara online berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan. Adapun layanan penjualan tiket penyeberangan berjadwal secara online saat ini berlaku bagi penumpang, kendaraan roda 2, kendaraan roda 4 (pribadi, pick-up, box barang) dan mobil travel jenis Elf. Masa berlaku tiket maksimal 4 jam setelah jam keberangkatan, dan waktu check in (masuk ke pelabuhan) mulai dibuka 3 jam sebelum keberangkatan.

“Tidak hanya dapat mengurangi antrian pembelian tiket di pelabuhan, pemudik yang membeli tiket online dapat menikmati jalur khusus di pelabuhan dengan waktu scan barcode (yang diterima setelah membayar tiket) lebih singkat, sehingga dapat lebih cepat menuju kapal. Selain itu, data pemudik secara otomatis telah tercatat dalam manifest penumpang karena telah didaftarkan langsung saat proses online. Ini tentunya demi keselamatan penumpang,” tutur Ira.

Saat ini ada 16 lintasan penyeberangan yang pembelian tiketnya dapat diakses melalui online, yakni Merak-Bakauheni, Bakauheni-Merak, Ketapang-Gilimanuk, Gilimanuk-Ketapang, Padangbai-Lembar, Lembar-Padangbai, Kayangan-Pototano, Pototano-Kayangan, Bitung-Ternate, Ternate-Bitung, Muara Angke-Pulau Pramuka, Pulau Pramuka-Muara Angke, Muara Angke-Untung Jawa, Untung Jawa-Muara Angke, Muara Angke-Pulau Kelapa, serta Pulau Kelapa-Muara Angke.

Baca juga: Mudik Lebaran 2018, ASDP Siapkan 217 Kapal di Tujuh Lintasan

Selain menerapkan layanan penjualan tiket online, ASDP juga membuka loket penjualan di luar area pelabuhan (buffer zone) untuk layanan go-show, baik di jalur tol maupun non-tol. Untuk akses menuju Pelabuhan Merak, lokasi buffer zone berada di rest area KM 43 dan Hotel Mangku Putra-Merak. Selanjutnya, untuk lokasi buffer zone menuju Pelabuhan Gilimanuk berada di lahan parkir Pemda Jembrana, Cekik.