Piaggio P180 Avanti – Mampu Tandingi Jet Bisnis Dengan Bentuknya Yang Unik!

Piaggio P180 Avanti. Sumber:

Ketika dunia aviasi global memiliki banyak sekali desain pesawat yang unik nan nyentrik, sebut saja Lockheed Martin P-791, Boeing X-32, hingga McDonnell XF-85 Goblin, ada satu jenis pesawat baling-baling (propeller) yang desainnya bisa dibilang cukup unik.

Baca Juga: Pesawat-Pesawat Ini Punya Desain Yang Sangat Unik, Yuk Intip!

Alih-alih menggunakan propeller pada bagian depannya, pesawat ini malah melintangkan bagian depannya sehingga menyerupai ikan hiu martil! Produsen pesawat ini pun lebih dikenal sebagai salah satu manufaktur skuter Wahid di dunia, Vespa. Ya, Piaggio P.180 Avanti!

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Piaggio P.180 Avanti merupakan pesawat bermesin turboprop ganda asal Itali, mahakarya Piaggio Aero. Pesawat yang masuk ke dalam kategori Executive Transport ini pertama kali mengudara pada 26 September 1986. Empat tahun berselang, barulah pesawat rancangan Alessandro Mazzoni ini diperkenalkan pada publik.

Adapun pesawat berkapasitas dua hingga sembilan orang ini mampu melaju hingga kecepatan maksimum 732 km per jam. Untuk masalah mesin, Piaggio mempercayakan produsen mesin kenamaan asal Negeri Paman Sam, Pratt & Whitney, seri PT6A-66B turboprop 630 kW (850 shp) pada masing-masing sayapnya. Pesawat andalan kemiliteran Italia ini masih diproduksi hingga sekarang, dengan harga jual Rp103 miliar per-buahnya (untuk seri terbaru, Avanti EVO).

Sumber: wikimedia.org

Siapa sangka, pesawat nyentrik ini ternyata digunakan juga oleh pihak Indonesia lho! Adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019, Susi Pudjiastuti. Melalui PT ASI Pujiastuti Aviation, maskapai bernama Susi Air ini melayani penerbangan berjadwal dan charter. Pada awalnya, Susi Air didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan milik perusahaan lain Susi, PT ASI Pudjiastuti, namun seiring berjalannya waktu, Susi Air lalu bertransformasi menjadi salah satu maskapai penerbangan berjadwal dan charter ternama di Indonesia.

Baca Juga: Ada DC-9 Berlivery Klasik di Hanggar Garuda Maintenance Facility, Buat Apa Ya?

Bermula pada Juli 2009, dimana Susi Air mengoperasikan salah satu pesawat paling diminati untuk penerbangan charter, Piaggio P.180 Avanti. Pada jamannya, Avanti tergolong sebagai salah satu pesawat turboprop tercepat ketimbang jenis jet bisnis lainnya. Jangkauan 2.200km juga menjadi  salah satu alasan pihak Susi Air untuk mendatangkan Piaggio P.180 Avanti dari markasnya di Italia. Diketahui, maskapai milik menteri yang terkenal dengan jargon “Tenggelamkan!” ini memiliki tiga buah pesawat Piaggio P.180 Avanti.