Petugas Keamanan Bandara di Bangkok Curi Uang Penumpang, Diamankan Malah Tertawa

Petugas kemanan bandara yang tertangkap mencuri uang penumpang (Daily Mail)

Seorang petugas keamanan bandara biasanya merupakan orang-orang terpilih, terlatih dan dapat dipercaya. Sebab meski yang ditangani adalah penumpang, tetapi mereka juga harus waspada dengan barang yang dibawa oleh para penumpang.

Baca juga: [Video] Turun dari Pesawat, Pria Mabuk Gigit Petugas Keamanan Bandara

Sehingga pemeriksaan bukan hanya pada barang bawaan melainkan penumpang juga akan diperiksa melalui mesin detektor. Tapi, apa jadinya jika seorang petugas keamanan justru mencuri barang atau uang milik penumpang?

Belum lama ini, seorang wanita yang merupakan petugas keamanan bandara di Bangkok, Thailand kedapatan mencuri uang milik penumpang. KabarPenumpang.com melansir dari laman dailymail.co.uk (13/3/2018), bahwa petugas tersebut bernama Busakorn Somkwamdee yang tertangkap kamera pengawas atau CCTV saat membuka tutup tas seorang pelancong.

Saat itu tas pelancong tersebut berada di dalam kerancang ban berjalan. Dia kemudian merogoh uang tunai senilai £450 atau sekitar Rp8,6 juta dari tas penumpang sebelum masuk mesin pemindai.

Tampang tak bersalah petugas keamanan yang tertangkap mencuri

Dengan cepat Somkwamdee mengeluarkan seikat besar uang Yuan dan memasukkan saku kanannya. Padahal saat itu ada seorang penumpang yang berdiri di sebelahnya.

Namun penumpang warga negara Cina yang ketakutan langsung menghubungi pihak bandara saat tahu uangnya hilang. Dia menyadari uangnya hilang saat duduk di ruang keberangkatan Bandara Suvarnabhumi Bangkok, Thailand.

Polisi kemudian mengamankan Somkwamdee yang tertangkap basah dengan empat ribu Yuan atau sama dengan £450 di sakunya pada Senin, (12/3/2018) sekitar pukul tiga sore waktu setempat. Tak hanya itu, pihak bandara dan polisi berpikir mungkin ada pencurian lainnya.

Somkwamdee diketahui telah bekerja di bandara Suvarnabhumi Bangkok selama dua tahun. Setelah tertangkap dia kemudian diinterogasi dan mengakui pencurian tersebut serta dikenakan skorsing.

Deputy director of the airport, Kittipong Kittikajorn mengatakan, petugas keamanan tersebut mengakui pencurian itu dan mengklaim dirinya pertama kali melakukannya.

“Pejabat bandara sedang meninjau CCTV untuk memeriksa apakah ada angggota lainnya yang mencuri barang-barang miliki penumpang. Kami percaya mungkin pencurian lain bisa terjadi karena dia melakukan ini dengan sangat profesional. Tangannya cepat dan dia tahu cara menghindari kamera CCTV,” ujar Kittipong.

Dia mengatakan jika semua bukti sudah dikumpulkan, maka petugas keamanan tersebut akan diadili. Tak hanya itu, uang yang diambilnya pun sudah dikembalikan kepada penumpang yang kehilangan yang tersebut.

Baca juga: Gegara Ada Kawanan Sapi di Landasan, Manager Bandara di Nigeria Diganjar Skorsing

“Kami telah menghubungi perusahaan keamanan yang mempekerjakan penjaga dan menginstruksikan mereka untuk memperbaiki proses penyaringan saat mempekerjakan penjaga,” tegas Kittipong.

Bandara memperketat keamanan minggu lalu setelah delapan dari penangan bagasi tertangkap mencuri barang bebas bea senilai sekitar £20 ribu atau sekitar Rp382 juta dari sebuah maskapai penerbangan.