Percepat Pekerjaan Konstruksi MRT, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan di Sudirman-Thamrin

Sehari pasca pelantikan Gubernur baru DKI Jakarta, PT MRT Jakarta mengupayakan langkah percepatan pekerjaan konstruksi, salah satunya melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di 6 (enam) lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Patung Pemuda, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi dan Bunderan HI). Hal ini dilakukan terkait dengan adanya beberapa tahapan pekerjaan diantaranya dalam rangka penataan kembali (reinstatement), penyelesaian relokasi utilitas, konstruksi pintu masuk (entrance) stasiun, cooling tower dan ventilation tower stasiun bawah tanah MRT.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan di Peron, Stasiun MRT Jakarta Akan Dilengkapi Platform Screen Doors

Beberapa tahapan pekerjaan ini akan membawa konsekuensi terhadap perubahan/pergeseran lajur lalu lintas secara bertahap mulai dari bulan Oktober 2017 hingga Juli 2018 di beberapa lokasi proyek stasiun MRT tersebut.
Tahapan Konstruksi di Bundaran Patung Pemuda Senayan

Pada titik transisi (jalur layang & jalur bawah tanah MRT) di bundaran Patung Pemuda Senayan, sedang dilakukan pekerjaan penimbunan tanah dalam rangka penataan kembali (reinstatement). Bundaran Patung Pemuda yang sebelumnya digunakan sebagai lokasi area kerja konstruksi, saat ini telah selesai dan kondisi jalan pada area tersebut secara bertahap dikembalikan seperti semula. Ditargetkan pada pertengahan tahun mendatang, bundaran Patung Pemuda akan kembali aktif dengan kondisi seperti kondisi sebelum konstruksi.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Senayan
Pada beberapa lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Stasiun Senayan) yang berlokasi di depan gedung Summitmas, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi timur stasiun Senayan yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2017. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi entrance dan CT/VT sisi barat stasiun Senayan (berlokasi di depan Ratu Plaza) mulai Januari 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Istora
Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Stasiun Istora) yang berlokasi di depan eks Senayan Golf Driving Range, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi barat stasiun Istora yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2017. Bersamaan dengan itu, mulai bulan Oktober 2017 hingga Desember 2017, akan dilakukan pekerjaan pemindahan saluran drainase dari sisi timur menjadi di area median jalan (depan area SCBD) yang berdampak pada penutupan jalur busway di kedua arah, sehingga jalur Transjakarta untuk sementara waktu akan menyatu dengan lajur kendaraan pribadi pada titik tersebut. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi timur stasiun Istora (depan gedung Bursa Efek) mulai Januari 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Bendungan Hilir
Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Stasiun Bendungan Hilir) yang berlokasi di depan gedung Intiland, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi barat dan CT/VT stasiun Bendungan Hilir yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Mei 2018. Bersamaan dengan itu, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Bendungan Hilir sisi timur pada Januari 2018 hingga target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Setiabudi
Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Stasiun Setiabudi) yang berlokasi di depan gedung Midplaza, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi timur dan CT/VT stasiun Setiabudi yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Mei 2018. Bersamaan dengan itu, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Setiabudi sisi barat pada Januari 2018 hingga target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Bundaran HI
Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT (Stasiun Bundaran HI) yang berlokasi di depan gedung Plaza Permata, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi timur dan penimbunan tanah/reinstatement. Bersamaan dengan itu, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Bundaran HI sisi barat pada Oktober 2017 hingga target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018.

Baca juga: Al Mashaaer Al Mugaddassah Metro, MRT Unik di Kota Suci Makkah 

Dikutip dari siaran pers PT MRT Jakarta, berikut ini adalah ringkasan lokasi, jenis pekerjaan, dampak lalu lintas, serta jadwal:

Lokasi
Pekerjaan
Jadwal Pekerjaan
Patung Pemuda
(Bundaran Patung Pemuda Senayan)
 
Pekerjaan penimbunan tanah dan penataan kembali (reinstatement)
Jalan akan dikembalikan seperti kondisi awal (sebelum proyek)
17 November 2017 – 30 Juni 2018
Jl. Sudirman
(Stasiun Senayan)
1.       Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun sisi Timur
2.       Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Barat
Oktober 2017 – Juli 2018
Jl. Sudirman
(Stasiun Istora)
1.       Pemindahan Saluran Drainase
2.       Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Barat
3.       Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Timur
Oktober 2017 – Juli 2018
Jl. Sudirman
(Stasiun Bendungan Hilir)
1.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Barat
2.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur
Oktober 2017 – Juli 2018
Jl. Sudirman
(Stasiun Setiabudi)
1.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur
2.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Barat
Oktober 2017 – Juli 2018
Jl. Thamrin
(Stasiun Bundaran HI)
1.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur
2.       Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Barat
Oktober 2017 – Juli 2018