Per 1 Mei 2017 Penerbangan Internasional Garuda Indonesia Pindah ke Terminal 3 Ultimate

Bila tiada aral melintang, rencananya pada 1 Mei 2017 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Ultimate akan resmi melayani penerbangan internasional pertama dari maskapai Garuda Indonesia. Sebagai penerbangan pertama adalah Garuda Indonesia GA 824 dengan rute Jakarta – Singapura pada pukul 06.10 WIB. Sementara penerbangan internasional yang tiba pertama di Terminak 3 Ultimate adalah GA 823 dari Singapura pukul 08.15 WIB. Sebelum itu, penerbangan internasional Garuda Indonesia dilayani oleh Terminal 2.

Untuk mendukung penerbangan internasional, PT Angkasa Pura II akan mengoperasikan bangunan main building atau bagian tengah bangunan, sementara untuk Pier 1 belum dioperasikan. Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa.

Guna mendukung operasional penerbangan internasional, Terminal 3 Ultimate juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi yang akan mulai difungsikan pertengahan Mei 2017, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan. Untuk keamanan, sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Terminal 3 Ultimate dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti layar flight information display system dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya. Sementara itu di sisi udara, parking stand di Terminal 3 Internasional juga dapat mengakomodir 3 pesawat berbadan lebar atau wide body Airbus A380.