Operator Kereta India Digitalisasikan Layanan Keluhan Penumpang

Sumber: globalrailwayreview.com

Siapa sih yang tidak pernah merasakan kurang nyaman ketika menggunakan sarana transportasi umum berbasis massal? Mungkin semuanya pernah ya! Mengantri saat beli tiket, berdesak-desakan di dalam modanya, atau mungkin yang menyinggung ke arah tindak kriminal adalah kasus pencopetan yang hingga kini masih marak terjadi. Semua itu seolah sudah menjadi resiko yang harus ditanggung oleh setiap pengguna jasa transportasi umum.

Baca Juga: Hadapi Keluhan Soal Calo, Otoritas Banglades Hadirkan BGB

Nah, karena setiap penyedia jasa juga memerlukan yang namanya peningkatan pelayanan, maka bukanlah sesuatu yang baru ketika Anda menemukan kotak saran dan keluhan di sejumlah infrastruktur transportasi. Tidak hanya itu, kemajuan jaman juga turut berperan dalam hadirnya platform keluhan dalam bentuk digital, dimana para penumpang bisa melayangkan keluhan via SMS atau melalui platform jejaring sosial yang dimiliki oleh si penyedia jasa.

Menyinggung soal prosedur pengaduan penumpang dalam bentuk digital, operator perkeretaapian India, Indian Railways baru saja merilis aplikasi yang memungkinkan setiap pengguna jasanya melayangkan keluhan dengan cara yang lebih modern.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman globalrailwayreview.com (15/6/2018), Rail MADAD (Mobile Application for Desired Assistance During travel) merupakan sebuah aplikasi yang mampu menampung setiap keluhan dari para pengguna jasa dan meneruskannya kepada setiap petugas di lapangan yang relevan. Setelah diterima oleh petugas di lapangan, maka keluhan yang dilayangkan tersebut pun dapat secara langsung ditindaklanjuti.

Setelah penumpang melayangkan keluhan di aplikasi Rail MADAD, mereka akan mendapatkan pesan singkat yang diikuti dengan instruksi lanjutan dari pihak perkeretaapian. Cara seperti ini dinilai ampuh untuk mempercepat tindak lanjut dari setiap keluhan penumpang yang masuk.

RPGRAMS (Railway Passenger Grievance Redressal and Management System) atau sistem penanganan keluhan penumpang sendiri terdiri dari banyak cabang, salah satunya adalah Rail MADAD. Dalam aplikasi ini sendiri, tercantum beberapa nomor penting (helpline) yang dapat dihubungi kapanpun oleh penumpang, mulai dari keluhan soal keamanan hingga penanganan darurat terhadap anak. Tercatat, ada 14 mode keluhan yang tergabung di dalam satu aplikasi layanan keluhan penumpang ini.

Baca Juga: Mobile Game Ini “Ajarkan” Penumpang Hadapi Situasi Darurat Selama Mengudara

Opsi panggilan langsung pun tersedia di dalam aplikasi ini, semisal ada satu kejadian yang benar-benar darurat dan membutuhkan pertolongan dengan segera. Selain ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, hadirnya Rail MADAD juga memungkinkan operator kereta untuk mengevaluasi hasil kerja anak buahnya di lapangan. Baik buruknya kinerja mereka dapat dipantau melalui jumlah keluhan penumpang yang masuk.