Ngong Ping 360 – Berani Uji Adrenalin di Kereta Gantung Terpanjang di Dunia?

Sumber: Klook

Bagi Anda yang mengaku dirinya sebagai Acrophobia (takut ketinggian), siap-siap untuk dag-dig-dug ketika membaca artikel ini, karena kami akan membahas tentang salah satu spot wisata yang ada di Hong Kong – dan tentu saja berkaitan erat dengan ketinggan. Kereta Gantung Ngong Ping 360, mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar nama ini sebelumnya. Nah bagi yang belum tahu, ini merupakan kereta gantung terpanjang di dunia!

Baca Juga: Eksis Sejak 1975, Indonesia Canangkan Bangun Jalur Kereta Gantung Terpanjang

Ngong Ping 360 ini sendiri terletak di Lantau Island, Hong Kong. Para pengunjung wahana ini akan ‘digantung’ selama 25 menit kurang lebih, dan melintasi gunung dan lautan yang terbentang luas. Dibuka pada 18 September 2006, wahana yang dioperatori oleh MTR Corporation ini terbentang sejauh 5,7km.

Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tung Chung dengan menggunakan MRT. Setelah itu, Anda diharuskan berjalan sekitar 200 hingga 300m untuk bisa tiba di terminal cable car Ngong Ping 360. Takut tersesat karena ini merupakan perjalanan perdana Anda? Tidak perlu khawatir, karena papan penunjuk jalan yang mengarahkan Anda untuk tiba di Ngong Ping 360 cukup jelas dan tidak terlalu sulit untuk diikuti, kok!

Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, ketegangan mulai terasa ketika Anda dihadapkan pada dua jenis kereta gantung yang disediakan oleh pihak manajemen. Ada Standard Cabin dengan harga HKD185 atau yang setara dengan Rp333.000, dan Crystal Cabin dengan harga HKD225 atau yang setara dengan Rp405.000.

Perbedaan kedua jenis kereta ini terletak pada lantai kereta gantung. Sesuai namanya, Anda tidak akan merasakan sensasi berlebih ketika menggunakan Standard Cabin. Namun beda cerita jika Anda naik Crystal Cabin, dimana lantai di dalam kereta gantung ini terbuat dari kaca transparan. Itu berarti, Anda bisa melihat ke bawah yang dijamin akan meningkatkan detak jantung Anda selama kurang lebih 25 menit durasi wahana ini.

Baca Juga: Jadi Lambang Cinta Abadi, Gondola Tak Pernah Berganti Warna

Untuk menambah unsur kengerian Anda, salah satu dari armada yang ada di Ngong Ping 360 pernah jatuh ke daerah perbukitan dekat Chek Lap Kok South Road. Beruntung, kejadian yang terjadi pada 11 Juni 2007 itu tidak menelan korban jiwa sama sekali, karena kebetulan kereta gantung nahas tersebut sedang tidak mengangkut penumpang. Namun tercatat, inilah kecelakaan yang paling parah yang pernah terjadi.

Bagaimana, apakah adrenalin Anda sudah tersulut untuk mencoba wahana yang mulai dibangun pada tahun 2004 ini?