Mudahkan Penumpang Penerbangan Internasional, Pemerintah Australia Izinkan Mobile Check In

Ilustrasi mobile check in

Mobile check in kini dihadirkan pada penerbangan internasional oleh pemerintah Australia demi memudahkan penumpangnya. Kemudahan ini sendiri selain menghapus check in dan boarding pass fisik, juga untuk mengurangi waktu tunggu penumpang dalam antrian pemeriksaan baik imigrasi maupun gerbang keberangkatan.

Baca juga: Gandeng Qantas Airways, Bandara Internasional Sydney Operasikan Fitur Face Recognition

KabarPenumpang.com melansir dari laman airport-technology.com (7/8/2018), dengan adanya fasilitas mobile check in tersebut, maskapai penerbangan saat ini bisa mengeluarkan tiket boarding elektronik pada penerbangan internasional mereka. Sehingga penumpang saat akan melewati pemeriksaan gerbang dan imigrasi hanya tinggal menunjukkan e-boarding mereka yang ada di ponsel.

Menteri Kewarganegaraan dan Urusan Multikultural Australia, Alan Tudge mengatakan, bahwa langkah tersebut diambil untuk menuju otomatisasi di perbatasan dan menjadi salah satu fokus utama bagi pemerintah.

“Pada penghitungan keuangan akhir tahun lalu, lebih dari 21,4 juta wisatawan diberhentikan melalui perbatasan yang berangkat dari Bandara Internasional Australia. Jumlah ini juga akan terus meningkat. Peningkatan volume ini membuat kami selalu mencari cara untuk memudahkan pelancong secara efisien dan mencari yang menarik bagi penegak hukum,” ujar Tudge.

Dia menambahkan dengan adanya perubahan seperti ini akan memotong atau mengurangi kebutuhan mengunjungi meja check in untuk menunjukkan paspor dan mengambil boarding pass. Sehingga langkah terbaru ini diatur untuk memungkinkan wisatawan bergerak melintasi perbatasan Australia dengan lebih lancar.

Baca juga: Ikuti Tahapan Ini, Proses Check In dan Pemeriksaan Keamanan di Bandara Bakal Mulus

Mobile boarding pass sendiri akan mendukung fasilitas lain, seperti SmartGates, yang menawarkan proses perbatasan yang lebih cepat dan lebih sederhana bagi para pelancong sambil menjaga keamanan perbatasan. Rata-rata, SmartGates menangani lebih dari 73 persen wisatawan yang berangkat dari Australia, sehingga mengurangi waktu pemrosesan dan mempromosikan kemudahan perjalanan.

Baru-baru ini juga dilakukan beberapa uji coba yang sukses dilakukan oleh Departemen Dalam Negeri Australia dimana memungkinkan penumpang menggunakan boarding pass elektronik melalui ponsel mereka. Penumpang keberangkatan internasional pun kini disarankan untuk menghubungi maskapai yang mereka pilih terkait perubahan dan penerapan agar mendapat lebih banyak informasi.