Misterius, MacBook Tiba-Tiba Terbakar dan Meledak Di Dalam Mobil

Bangku penumpang yang terbakar akibat MacBook meledak (www.cornwalllive.com)

Sebuah MacBook dilaportkan terbakar dan meledak di kursi penumpang mobil saat pemiliknya dalam perjalanan menuju tempat kerja. Kejadian terbakarnya laptop tersebut membuat pengemudi menghentikan mobil dan keluar untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Bawa Komputer Full Set, Wanita Ini Mendadak Viral

Dilansir KabarPenumpang.com dari cornwalllive.com (21/9/2017), mobil tersebut dikendarai oleh Thomas Riches pada Rabu (20/9/2017) saat dirinya berangkat kerja dan mengemudi dari rumahnya di Paignton menuju Newton Abbot, Inggris. Ketika itu dia membawa Apple MacBooknya kemudian meletakkan di kursi penumpang dan tiba-tiba laptop yang berada di tasnya mengeluarkan asap.

“Saya sedang mengemudikan mobil untuk bekerja ketika saya terlibat insiden dalam mobil sendiri, dimana mobil saya terbakar karena laptop tiba-tiba mengeluarkan asap,” ujar Riches.

MacBook yang terbakar (www.cornwalllive.com)

Menurut Riches, dirinya sangat beruntung dan bisa membuat orang lain sadar bahwa hal tersebut bisa menimpa siapapun dan kapanpun. Untungnya saat kejadian, Riches berhasil untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi dan menepikan mobilnya agar bisa keluar untuk menyelamatkan diri sambil mencari bantuan dan menelpon pemadam kebakaran.

“Saat saya menepikan mobil, ada van putih yang melihat kejadian ini, pemilik van tersebut kemudian menepikan mobilnya dan mengeluarkan pemadam api. Beberapa menit kemudian, pemadam kebakaran juga tiba untuk memadamkan api di mobil,” ungkap Riches.

Setelah api berhasil dipadamkan, pihak pemadam kebakaran menjelaskan sumber api berasal dari baterai laptop dan membakar semua dokumen kertas yang berada di dalam tas. Dia mengatakan, bahwa saat kebakaran terjadi, laptop berada dalam mode tidur (sleep mode) dimana dalam mode tersebut laptop hanya bekerja dengan daya rendah dan seharusnya tidak menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Ikuti Aturannya, Laptop Aman Digunakan Dalam Penerbangan

“Untungnya ini terjadi di mobil, jika terjadi di rumah dan saat itu saya beserta ketiga anak kami tertidur siapa yang bisa tahu kalau terjadi kebakaran. Sekarang saya benar-benar tidak ingin berpikir terlalu rumit untuk masalah ini,” tambahnya.

Seorang juru bicara Devon and Somerset Fire and Rescue mengatakan, ini adalah api yang melibatkan sebuah laptop di kursi penumpang mobil dengan penyebab yang tidak disengaja. Atas insiden ini, MacBook milik Riches dibawa ke kantor Apple untuk diketahui penyebab pasti laptop tersebut meledak dan terbakar.