Mercedes eCitaro Diluncurkan Perdana September 2018

bagian dalam bus eCitaro buatan Mercedes-Benz (motor1.com )

Era modern masa kini berbagai perusahaan bus berlomba-lomba untuk menghadirkan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Mercedes-Benz yang meluncurkan bus kota elektronik bebas emisi dan menjawab kebutuhan akan mobilitas di kota besar maupun kecil.

Baca juga: Inilah Citaro, Primadona Bus Listrik Besotan Mercedes Benz

Bus ini adalah Mercedes eCitaro yang mengambil ruang dalam transportasi di area padat penduduk. KabarPenumpang.com merangkum dari laman motor1.com (10/7/2018), Mercedes sendiri saat ini sudah mendapatkan pesanan pertamanya untuk bus bebas emisi tersebut.

Sebelum eCitaro hadir, pendahulunya yakni Citaro yang juga merupakan bus listrik sudah terkirim lebih dari 50 ribu ke seluruh dunia dan menjadi bus kota terlaris. Kedua bus ini memiliki sasis yang identik, tetapi eCitaro memiliki bodi yang didesain ulang.

Terlihat jelas perbedaannya yakni bagian depan dimana logo merek lebih besar yakni ukuran diameter 28 cm dan dikombinasikan dengan trim dekoratif tiga dimensi dan permukaan yang mengkilap. Bagian atapnya agak sedikit melengkung bagian depannya, sedangkan bagian belakang bus eCitaro ini diadopsi dari standar Citaro.

bagian dalam bus eCitaro buatan Mercedes-Benz (motor1.com )

Daya untuk menjalankan bus ini disediakan oleh versi poros listrik ZF AVE 130 dengan menghadirkan motor listrik di bagian roda. Output puncak sistemnya sendiri yakni 335 horsepower atau 250 KW dan 715 poundfeet atau 970 Newtown per torsi yang sudah tersedia dari awal.

Baterai yang digunakan ialah Lithium-ion yang terbagi hingga sepuluh modul dengan masing-masing memasok listrik sebesar 25 kWh untuk total 243 kWh. Modul baterai ini dipasang di bagian belakang dan atap bus eCitaro.

Untuk jumlah baterainya sendiri akan tergantung dengan spesifikasi, ada bus yang menggunakan enam, delapan atau sepuluh. Dimana maksimum baterai yang terpasang sebanyak sepuluh di setiap busnya.

Bus ini memiliki berat 13,44 ton dan mampu mengangkut lebih dari enam ton atau sekitar 85-90 penumpang. Untuk pengisian baterainya sendiri akan melalui soket konektor Combo-2 yang ditempatkan di atas lengkungan roda depan tepatnya di sisi kanan bus.

Baca juga: Berharap Mampu Pasok Kebutuhan Bus di Bandara, Moeldoko Hadirkan Prototipe Bus Listrik Ketiga

Tak hanya itu, pada masa depan pembuat mobil Jerman juga akan menawarkan pilihan untuk mengisi bus melalui pantograph. Diketahui, peluncuran perdana eCitaro di publik yakni pada bulan September mendatang di IAA Commercial Vehicles di Hanover.

Bus eCitaro buatan Mercedes-Benz ini sendiri akan mulai diproduksi pada akhir tahun. Mercedes sendiri sudah mendapat pesanana sebanayk 20 bus listrik ini yang akan di produksi di Hamburg.