Menunjang Keselamatan Berkendara, Huawei Rilis Teknologi Baru

Sumber: infrastructurene.ws

Kenyamanan dalam berkendara merupakan sebuah aspek penting yang menjadi acuan bagi para pengusaha transportasi. Selain kenyamanan, keamanan juga patut menjadi poin penting yang wajib diperhatikan oleh pihak penyedia jasa layanan angkutan, baik darat, laut, maupun udara. Banyak perusahaan yang berlomba untuk mengedepankan kedua aspek vital ini, karena keselamatan dan kenyamanan merupakan modal penting bagi para pelaku usaha transportasi untuk dapat bersaing merebut hati para penumpangnya.

Banyaknya kasus kecelakaan dalam berkendara menjadi patokan bahwa sistem yang sudah ada masih perlu direvisi sehingga dapat menekan angka kecelakaan. Pada Februari 2017 silam, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perlengkapan komunikasi, Huawei meluncurkan sistem baru yang diharapkan dapat memberikan pelayanan lebih pada para konsumen pengguna jasa transportasi. Presentasi peluncuran sistem anyar ini dilakukan di Johannesburg dalam rangka i-Transport & UATP  Conference and Exhibition 2017.

Sistem solusi transportasi ini meliputi banyak aspek yang menjadi fokus pembaruan dari sistem keamanan dan keselamatan yang sudah ada sebelumnya, seperti kamera pengawas, penanda penumpang yang akurat, layanan panggilan darurat, dan analisis kondisi bus.

Selain beberapa fitur keamanan dan keselamatan di atas, Huawei juga menambahkan beberapa terobosan yang dapat meningkatkan pelayanan transportasi publik pada para penumpangnya, contohnya adalah solusi manajemen lalu lintas. Pihak Huawei mengatakan manajemen lalu lintas yang baru dirilis ini menggunakan sistem alogaritma cerdas yang akan menunjang kinerja dari pusat data lalu lintas, platform video pemantau, dan infrastuktur Information and Communication Technology (ICT) lainnya.

Solusi ini didesain sebagai instrumen untuk memantau lalu lintas perkotaan, juga untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi dalam berkendara. Tidak hanya itu, fitur lain yang termasuk ke dalam manajemen lalu lintas keluaran Huawei ini adalah pengatur sinyal lalu lintas, electronic policing, kumpulan data arus lalu lintas, dan panduan lalu lintas. Lebih lanjut pihak Huawei mengatakan fitur ini akan diaplikasikan pada pusat kendali manajemen lalu lintas yang terintegrasi.

Huawei juga menambahkan internet dengan koneksi cepat dalam bus ini. Tujuan dari pemasangan internet adalah agar penumpang dapat memantau kinerja dari pengemudi dan status penumpang lainnya, isu yang berkaitan dengan keselamatan penumpang (seperti penumpang yang mencurigakan), bahkan untuk mengakses layanan darurat apabila terjadi kecelakaan atau tindak kriminal.

Kamera pengawas yang terpasang di hampir seluruh bagian bus menjadi satu instrumen penunjang yang dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Tidak hanya di bagian dalam bus, kamera ini juga terpasang di bagian depan, belakang, dan kedua sisi kendaraan. Alih-alih terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sopir dapat menekan tombol darurat yang mengirimkan sinyal kepada pusat kendali. “Data video yang masuk dapat memungkinkan pusat kendali untuk mengambil langkah apabila terjadi kecelakaan,” tutur pihak Huawei, dikutip dari infrastructurene.ws, 26 Februari 2017.

Namun, direktur utama Huawei Afrika Selatan, Alex Du mengatakan belum ada penawaran resmi mengenai terobosan sistem keamanan baru ini, walaupun sebelumnya pernah terjadi perbincangan yang mengarah kesitu. “Kami juga terlibat dengan mitra lokal untuk mengembangkan aplikasi yang dapat diintegrasikan itu,” kata Du.

“Dengan desain terpadu dan platform terbuka, solusi semacam ini akan dapat membantu operator bus untuk menekan biaya pemeliharaan, mampu untuk menawarkan jasa tambahan, dan pengalaman berkendara bagi masyarakat di Afrika Selatan,” tambah Du. Merespon tanggapan Du, pihak Huawei yakin bahwa solusi terbaru dalam berkendara ini mampu berkembang dan menyebar luas di dunia transportasi di seluruh Afrika.