Mau Bawa atau Beli Makan di Kereta Cina? Simak yang Ini Dulu!

Pramugari kereta menjajakan makanan dengan troli di gerbong makan

Banyaknya frekuensi penerbangan dari Indonesia ke Cina secara langsung menyiratkan tingginya angka kunjungan warga diantara kedua negara, baik untuk urusan bisnis dan wisata. Nah, bagi Anda yang kebetulan ingin berwisata ke Cina, tak ada salahnya untuk menjajal layakan kereta di Negeri Panda tersebut.

Baca juga: Nasi Goreng Parahyangan: Racikan Sederhana yang Digandrungi Penumpang ‘Gopar’

Jangan salah, perkeretaapian di Cina sudah sangat maju, bahkan PT KAI menjadikan layanan kereta di Cina sebagai salah satu rujukannya, selain negara di Eropa seperti Perancis dan Belanda. Bila Anda berniat menjajal kereta di Cina, maka ada beberapa yang layak diperhatikan, contohnya seperti soal makanan dan minuman selama perjalanan di ular besi.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari laman travelchinaguide.com, harga makanan yang dijual di kereta oleh pengelola tidak masuk dalam harga tiket dan di Cina hanya menerima pembayaran dengan Yuan bukan mata uang lain.

Makanan di kereta Cina ini hadir di semua kereta jarak jauhnya dan kereta cepat. Di Cina, restoran ada di gerbong sembilan dan untuk kereta kecepatan tinggi di gerbong empat atau lima.

Makan di restoran kereta atau bawa makanan sendiri ini kenukmatan kereta Cina

Untuk kereta biasa makanan yang dibeli harus dipesan secara manual, sedangkan kereta cepat bisa menggunakan aplikasi China Railway Corporation dan versi bahasa yang digunakan hanya Mandarin. Sehingga bagi pelancong luar dan memiliki teman di Cina bisa meminta bantuan untuk mereservasi satu jam sebelum keberangkatan dan membayar ekstra pengiriman sebesar CNY8 atau Rp17 ribu.

Layanan pengiriman makanan disediakan pada kereta berkecepatan tinggi yang melewati banyak kota termasuk Shanghai, Tianjin, Nanjing, Guangzhou, Xian, Hangzhou, Shenyang, Wuhan, Changsha, dan Chengdu.

Makanan yang hadir dalam perjalanan kereta ini biasanya bergaya Cina dan untuk menikmati masakan Tibet hanya tersedia di kereta yang menuju Tibet. Sarapan di kereta yang disediakan biasanya bubur, acar, telur rebus, mantau dan beberapa makanan Cina lainnya.

Untuk makan siang dan malam akan dihadirkan nasi, sayuran, sup dan mie goreng. Makanan yang dihadirkan di kereta kecepatan tinggi pun ada yang dipanaskan dengan harga sekitar CNY15-45 atau sekitar Rp33ribu-Rp99ribu.

Tak hanya itu di kereta cepat juga ada dapur dan juru masak yang memasak makanan di menu hidangan. Setiap hidangan yang dimasak harga yang ditawarkan CNY25 atau sekitar Rp55 ribu.

Minuman pun dijual beragam seperti air kemasan, bir, soda dan lainnya. Cemilan seperti biji bunga matahari, kacang, kerupuk, keripik kentang dan lainnya juga hadir.

Di kereta Cina gerbong makan hanya memiliki 30-40 kursi, sehingga untuk memudahkan penumpang, makanan ini juga dijual oleh pramugari kereta dengan menggunakan troli. Sehingga pelancong bisa lebih mudah memesan makanan.

Namun, bagi Anda yang menginginkan makanan lain, sebelum berangkat bisa membelinya di restoran stasiun. Biasanya makanan yang dijual adalah masakan lokal yang sederhana ataupun cemilan. Seperti bebek rebus, jagung rebus, telur rebus dan mie beras.

Dengan harga yang cukup terjangkau sehingga pelancong terkadang lebih memilih membeli di stasiun ataupun membawa dari rumah. Adanya alasan ini juga yang membuat penumpang Cina membawa kantong plastik yang berisikan makanan seperti mie instan cup, buah-buahan, air minum dan beberapa makanan ringan.

Baca juga: Tergerus Zaman, Tradisi Bawa Bekal dan Berbagi Makanan di Kereta India Mulai Hilang

Bagi penumpang Cina, makanan di kereta selain mahal juga dirasa tidak enak, sehingga tak heran bila mereka membawa itu semua. Salah satu kenikmatan lainnya adalah air panas disediakan gratis bagi pelancong, sehingga masayrakat Cina seperti menghalalkan membawa makanan dari rumah tanpa harus membelinya di kereta.

Bagi pelancong dari negara lain ada beberapa tips yang bisa membuat Anda nyaman. Jika tidak menyukai masakan Cina bisa membawa roti, mie instan atau membeli makanan cepat saji sebelum naik kereta.

Bawa botol minum karena tersedia air matang di setiap gerbong kereta. Bila berencana makan di gerbong makan, datang sedini mungkin karena kursi terbatas.