Maskapai di Amerika Serikat Tawarkan Tarif Ekonomi Dasar, Murah Tapi Berisiko

(Daily Mail)

Apa yang Anda rasakan bila saat melintasi gerbang pemeriksaan di bandara, tapi tiba-tiba Anda harus membayar hingga US$50 (setara Rp600 ribuan)? Kaget, marah dan tidak terima rasanya wajar jika hadir bersamaan.

KabarPenumpang.com melansir dari time.com (14/9/2017), baru-baru ini maskapai American Airlines, Delta dan United Airlines memperkenalkan tarif dan memperluas kelas tiketnya yang disebut dengan Basic Economy atau biaya paling dasar untuk penerbangan kelas ekonomi. Ini merupakan jenis tiket paling murah yang bisa Anda beli tetapi dengan risiko ekstra.

Baca juga: Pangkas Durasi Security Check, Ini yang Dilakukan Beberapa Bandara dan Maskapai

Pasalnya, akibat dari pembelian tiket kelas ekonomi dasar ini penumpang akan terkena pinalti saat melewati gerbang sebelum masuk pesawat dengan barang yang berlebih. Semua barang bawaan Anda juga harus masuk bagasi (kargo) dan tidak memiliki tempat untuk barang di kabin.

Dalam skema tarif ini, penumpang hanya diperbolehkan membawa satu tas yang muat diletakkan di bawah kursi dekat kaki Anda. Jika Anda membawa koper atau ransel besar yang tidak muat di dekat kaki, baiknya masukkan dalam bagasi (kargo) sebelum Anda dikenakan biaya US$25 atau lebih. Apalagi bila Anda tidak memeriksa barang untuk di bawa ke kabin alias kelebihan muatan, pastinya Anda akan dikenakan denda lagi sebesar US$25 dan pembayaran pinalti pun ditagihkan saat itu juga dengan kartu kredit.

Sebenarnya terkait dengan biaya ini untuk American Airlines dan United sudah dijelaskan peraturan ini di website milik mereka. Sedangkan untuk Delta sendiri masih memperbolehkan penumpang membawa barang bawaan ke kabin dan meletakkannya di kabin atas. Tetapi, penumpang dengan tiket kelas ekonomi dasar baru bisa naik ke pesawat di urutan paling terakhir.

Untuk Anda yang tidak mau repot dengan biaya tambahan ini, sebaiknya beli tiket dengan harga lebih mahal di awal, dengan membayar untuk tiket ekonomi biasa, Anda masih bisa membawa satu tas lainnya selain tas jinjing untuk dimasukkan dalam kabin atas tanpa biaya tambahan. Bila dilihat dari harga, biasanya selisih harga untuk ekonomi dasar dan ekonomi biasa tak telalu jauh tetapi dengan keuntungan lebih banyak bila membeli kelas ekonomi biasa.

Baca juga: Peluang Pendapatan Baru, LCC Mulai Kenakan Biaya Untuk Bagasi Kabin

Maskapai mungkin ingin wisatawan melihatnya seperti itu. Dengan meyakinkan penumpang untuk memesan ekonomi daripada ekonomi dasar, maskapai mendapatkan lebih banyak uang dimuka. Dan bahkan ketika mereka tidak mendapatkan lebih banyak uang dimuka, ada kemungkinan maskapai penerbangan akan mendapatkan uangnya nanti saat penumpang terkena biaya yang tidak mereka harapkan.