Masih Jauh dari Realisasi, Keandalan HS2 Siap Jadi Rival Setara Bagi Shinkansen

Ilustrasi HS2. Sumber: The Keighley News

FirstGroup, operator kereta di Inggris berencana untuk menggelar layanan kereta cepat TransPennine Express pada 2019 mendatang. Untuk tujuan tersebut, FirstGroup telah memesan 19 armda kereta peluru dari Jepang. TransPennine Express nantinya akan menghubungkan London, Birmingham, East Midlands, Leeds dan Manchester. Namun belum juga mengular, nampaknya TransPennine Express sudah akan mempunyai saingan.

Baca juga: Inggris Mulai Kedatangan Kereta Peluru dari Jepang, Siap Mengular di 2019

Kendati baru sebatas rencana, namun sang empunya proyek, High Speed Two (HS2) Ltd. sesumbar bahwa dirinya bisa menandingi kedigdayaan dari jaringan kereta peluru yang ada di Jepang. Di sini, HS2 Ltd. yakin bahwa mereka bisa menjadi rival yang sepadan dalam hal keandalan.

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman itv.com (19/7/2018), HS2 Ltd. mengatakan bahwa target waktu keterlambatan yang akan diberlakukan adalah 30 detik saja. Demi mewujudkan target ini, operator yang menangani West Coast Main Line harus mengatasi sejumlah masalah, seperti kondisi infrastruktur yang sudah mulai termakan usia hingga berbagai kebutuhan lain untuk berbagi jalur dengan lalu lintas penumpang dan barang lainnya.

“Ambisi kami adalah supaya HS2 bisa mencapai tingkat keandalan kelas dunia, setara dengan jaringan kereta berkecepatan tinggi di Jepang, Shinkansen,” tulis HS2 Ltd. dalam sebuah laporan. “Nantinya para penumpang bisa menggantungkan kebutuhan transportasinya pada HS2, tujuh hari dalam seminggu,” imbuhnya.

Tidak bisa dipungkiri, Jepang merupakan negara yang memiliki jaringan perkeretaapian paling handal di dunia, yang kini lebih dikenal dengan julukan bullet train (kereta peluru). Berangkat dari situ, HS2 Ltd percaya bahwa jaringan kereta api yang sebanding akan, “secara fundamental mengubah cara kita berpikir tentang keandalan dan perjalanan menggunakan kereta api di Inggris.”

Di sisi lain, Ketua Demisioner HS2 Ltd. Sir David Higgins mengatakan bahwa semisal layanan ini dibuka pada tahun 2026 kelak, maka warga Inggris akan kedatangan ‘primadona’ baru di sektor transportasi. “Layanan HS2 dapat Anda andalkan untuk bekerja, menghadiri sebuah rapat, atau mengujungi keluarga dan kolega,” tutur Sir David. “Standar yang diberlakukan oleh HS2 pun nantinya akan memenuhi standar dunia,” tandasnya.

Baca Juga: Cina Siap Hubungkan Nepal via Jalur Kereta Anyar

Dalam laporan terbaru yang dirilis pihak perusahaan pada Kamis (19/7/2018) di Leeds, HS2 Ltd. sudah mulai menunjukkan pergerakannya dengan membuka lowongan pekerjaan untuk sektar 6.000 tenaga. “Sudah direalisasikan di Inggris,” tulis laporan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, keseluruhan proyek HS2 ini sendiri terbagi ke dalam dua fase; Fase pertama membentang dari London menuju West Midlands, dengan debut pertamanya dijadwalkan pada tahun 2026. Sedangkan untuk fase 2 akan menghubungkan West Midlands dan Manchester dan dijadwalkan rampung sepenuhnya pada tahun 2033 mendatang. Adapun panjang keseluruhan dari jaringan kereta cepat Inggris ini kurang lebih sekitar 530km.