Manjakan Penumpang, Maskapai Mulai Hadirkan Dudukan Gadget Yang Pas dan Ergonomis

(runwaygirlnetwork.com)

Selain fasilitas In Flight Entertainment (IFE), hal lain yang dibutuhkan penumpang selama penerbangan adalah dudukan yang pas untuk menempatkan perangkat elektronik di depan kursi. Sekilas nampak sepele, namun pada kenyataan banyak penumpang yang merasa bingung untuk meletakan gadget, ketika pilihannya adalah menaruh smartphone/tablet di kantung majalah, sudah pasti itu bukan ide yang baik, mengingat Anda tak mudah menggapai gadget bila suatu waktu dibutuhkan.

Baca juga: Rancang Ruang Bagasi Unik, Kelompok Mahasiswa Hong Kong Raih Penghargaan dari Airbus

KabarPenumpng.com melansir dari laman runwaygirlnetwork.com beberapa perusahaan penerbangan kini menunjukkan pilihan PED (Personal Electronic Device) berteknologi rendah yang dirilis untuk disematkan pada meja/kursi penumpang. Seperti Zodiac Aerospace yang memperkenalkan tempat duduk Z400 barunya di Boeing 777X, inovasi ini digadang bisa digunakan untuk meletakkan kabel dan dudukan telepon serta pegangan meja.

PED berada dibalik meja, sehingga untuk menggunakannya meja harus tetap terbuka. Tak hanya Zodiac, beberapa perusahaan penerbangan lain juga membuat hal serupa dimana Pitch memiliki soket USB yang berada di balik meja. Pitch menjadi salah satu pengguna PED paling inovatif dan sederhana untuk tablet. Desain Pitch sendiri sangat pintar dengan meja ultra slim yang bisa diangkat dari sisi lutut penumpang, ini bisa menciptakan lebih banyak ruang bagi penumpang.

(runwaygirlnetwork.com)

Sementara itu, perusahaan teknik material Boltaron, menunjukkan permukaan nonslip yang dapat merevolusi desain pemegang PED. Boltaron menunjukkan permukaan lengket dengan segelas air, namun produknya bisa dimodifikasi untuk mengakomodasi PED, yang cenderung meluncur.

Dibandingkan dengan titik atau strip karet tradisional, permukaan Motaron tidak bersih, tapi juga tidak dikenai atau dipenggal dengan penggunaan. Memang, desain Boltaron mengingatkan pada kabin koordinat Embraer E-Jet E2 yang dikoordinasikan Priestmangoode, yang harus dirancang ulang oleh perancang udara setelah memenangkan Crystal Cabin Award, di mana permukaan lengket pada pemegang PED yang hampir vertikal.

Adapun solusi lainnya datang dari kabin HAECO yang memiliki sentuhan unik untuk kursi malas di pasar premium, meja koktail gabungan dan pemegang PED. Meski tidak biasa, ini agak rumit dengan banyak komponen yang bergerak dan sepertinya hanya cocok untuk perangkat berukuran smartphone jika kedua penumpang menggunakan receiver yang terpasang di tengahnya.

Seatmaker HAECO menunjukkan fitur flip-down tambahan dengan kedua pemegang PED berputar maju ke belakang dan potongan cupholders. Sehingga membuat dudukan pemegang PED pada poros ini tentu terasa sangat alami, namun satu masalahnya adalah bobot dan ukuran perangkat yang bervariasi secara signifikan.

Baca juga: Smartsealz, Headset Berteknologi Augmented Reality, Sanggup Bantu Tugas Pilot!

Memastikan bahwa mekanisme ini cukup kuat untuk mendukung iPad Pro 12,9 inchi dan SE SEWA empat inci, sementara masih mudah diubah tanpa menggunakan perangkat sebagai pengungkit, sangat kompleks. Di sini, seperti di tempat lain dalam kategori fitur permukaan ekstra lipat, pemegang cuplikan yang rendah hati akan kembali mungkin karena semakin banyak maskapai penerbangan kembali ke model minuman gratis atau berusaha meningkatkan permintaan untuk penjualan minuman tambahan mereka dan di sana adalah lingkup untuk desain dual tujuan.