Lyft Gaet Amtrak Dalam Layani Perjalanan Penumpangnya

Sumber: nydailynews.com

Kini, satu lagi moda transportasi berbasis aplikasi online yang siap memberikan pelayanan maksimal kepada para penggunanya. Sebenarnya ini merupakan koalisi dari dua buah perusahaan yang sudah malang melintang di dunia transportasi. Lyft, yang dikenal sebagai penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi diketahui baru saja menggaet Amtrak, penyedia layanan kereta api di AS. Kerja sama yang mereka jalin memungkinkan para penumpang untuk melakukan perjalanan door-to-door, cukup dengan memesannya menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Serba-Serbi Amtrak, Kereta Jarak Jauh Yang Sering Mejeng di Film Hollywood

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (1/8/2017), Lyft memberikan semacam promo kepada para penumpangnya yang memesan tiket perjalanan menggunakan aplikasi terbarunya ini, yaitu potongan harga sebesar $5 untuk empat perjalanan pertamanya. Promo ini berlaku cukup dengan memasukkan kode AMTRAKLYFT di aplikasi yang tersedia.

Tidak hanya itu, Lyft juga melakukan kerja sama dengan Disney, dimana setiap pengunjung yang memesan tiket melalui aplikasi tersebut, dapat menikmati hidangan dari salah satu restoran terkenal di sana, Taco Bell. Kerja sama yang dilakukan oleh Lyft dan Amtrak merupakan wujud persaingan antara dua perusahaan raksasa yang melayani jasa transportasi berbasis aplikasi, yaitu Lyft dan Uber. Lyft tidak mau kalah dengan kompetitornya yang mencuri perhatian publik dengan menawarkan sistem transaksi non-tunai untuk moda andalannya, taksi.

Lebih lanjut, pihak Lyft mengatakan, hingga saat ini, sudah hampir 97 persen pengguna Amtrak di Negeri Paman Sam yang menggunakan promo AMTRAKLYFT tersebut. Jika ditelusuri lebih lanjut, kemitraan yang dijalin antara Amtrak dan Lyft bisa dianggap sebagai pembuka jalan bagi perusahaan lain dalam mengembangkan kerja sama serupa. Banyak perusahaan teknologi yang bisa menjalin simbiosis mutualisme dengan penyedia jasa layanan transportasi lain.

Baca Juga: Aplikasi Uber di Amerika Serikat Bakal Dilengkapi Fitur Tip

Adapun bentuk kerja sama ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi padatnya pengguna kendaraan pribadi di jalanan, khususnya dikala peak hours. Kemacetan yang sekarang sudah tidak bisa ditoleransi lagi memaksa banyak pengguna kendaraan pribadi membuang-buang waktu berharganya. Kehadiran moda transportasi umum dinilai kurang untuk mengentaskan kemacetan yang ada. Maka dari itu, belakangan ini mulai santer terdengar kabar akan adanya moda udara otonom, seperti drone yang diharapkan kehadirannya dapat sedikit mengurangi volume kendaraan pribadi di jalan.

Kembali ke masalah kerja sama yang djalin oleh Lyft dan Amtrak, isu adanya program serupa juga sempat terdengar manakala PT KAI berencana untuk mengadakan layanan door-to-door yang dimana program tersebut akan memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Sama-sama menggunakan aplikasi, nantinya penumpang cukup memesan dari smartphone mereka dan PT KAI siap melayani segala kebutuhan pelanggannya tersebut. Namun, program ini baru sebatas rencana dan akan berlaku untuk perjalanan jarak jauh saja.