Lima Maskapai Ini Dianggap Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan penumpang lainnya dalam mendapatkan pelayanan oleh maskapai penerbangan. Bahkan karena berkebutuhan khusus, adalah wajar bila maskapai menerapkan layanan ekstra bagi para difabel.

Baca juga: Panasonic Uji Coba Kursi Roda Otonom di Bandara Haneda

KabarPenumpang.com merangkum dari disabledtraveladvice.co.uk (30/7/2017), ada beberapa maskapai yang dianggap memberikan layanan terbaik bagi para penumpang disabilitas. Terlebih lagi, maskapai-maskapai ini tidak memintan tambahan biaya untuk membantu penyandang disabilitas. Berikut ini maskapai-maskapai yang memiliki pelayanan terbaik untuk penyandang disabilitas.

1. Air Canada
Maskapai ini menyediakan layanan yang lengkap untuk penyandang disabilitas dari saat di bandara hingga masuk ke dalam pesawat. Pihak maskapai akan memeriksa Anda secara teratur untuk memastikan baik-baik saja. Di banyak penerbangan, tempat duduk tambahan tersedia tanpa adanya biaya tambahan jika penyandang disabilitas memerlukannya. Hewan untuk terapi pun di perbolehkan ikut oleh pihak maskapai, asal bisa duduk di dekat Anda tanpa harus mengganggu jalan di lorong.

2. Continental Airlines
Jika Anda sebagai penyandang disabilitas dan berangkat dari atau ke Amerika, maskapai ini menawarkan tempat duduk khusus dan bantuan onboard. Perlakuan khusus ini diberikan untuk penyandang disabilitas baik yang menggunakan kursi roda maupun tidak. Continental Airlines juga menerima hewan terapi dan memiliki kandang khusus di onboard agar penyandang disabilitas lebih nyaman saat membawa hewan.

3. EasyJet
Sebagai maskapai penerbangan low cost carrier (LCC), EasyJet bisa membantu penyandang disabilitas masuk ke pesawat terbang. Mengangkat Anda bila menggunakan kursi roda jika memang diperlukan. Sayangnya, hewan untuk terapi tidak bisa ikut dalam penerbangan internasional dan hanya diperbolehkan untuk penerbangan domestik saja.

4. Qantas Airways
Qantas memberikan dukungan yang penuh hampir sama dengan Air Canada, dari mulai Anda tiba di bandara, masuk dalam pesawat dan mengatur tempat duduk untuk penyandang disabilitas. Layanan untuk hewan terapi pun diperbolehkan, jika penyandang disabilitas membutuhkan penjaga, petugas bisa menyiapkannya.

5. Virgin Atlantic
Maskapai yang satu ini menyediakan layanan untuk penyandang disabilitas terutama bagi tuna rungu dan cacat mental yang bepergian sendiri. Bagi penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda, bila ingin ke toilet akan diberikan bantuan. Hewan terapi diperbolehkan melakukan perjalanan dan masuk dalam kabin pada sebagian rute utama dari Virgin Atlantic.

Sebagai penyandang disabilitas, baiknya sebelum melakukan penerbangan bisa memberitahukan pada pihak maskapai 48 jam sebelum keberangkatan. Hal ini agar pihak maskapai bisa mengatur layanan tambahan untuk Anda, bila Anda memesan dalam menit-menit terakhir adalah ide yang buruk, sebab pihak maskapai akan kesusahan karena persiapan yang kurang untuk membantu.

Baca juga: Apa Kabar Fasilitas “Khusus” Bagi Penumpang?

Ada beberapa kasus dimana sebagai penyandang disabilitas harus membawa surat kesehatan dari dokter untuk bepergian. Hal yang berlaku juga sama untuk hewan terapi yang dibawa.

Anda juga harus memastikan dengan jelas pelayanan yang diberikan maskapai. Sebab, ada beberapa maskapai penerbangan yang dilaporkan meminta biaya tambahan untuk membantu penyandang disabilitas sebelum Anda melakukan perjalanan.

Jika Anda memerlukan ruang ekstra di mana Anda duduk di pesawat, Anda akan menemukan bahwa beberapa maskapai penerbangan menyediakannya secara gratis, sementara yang lain meminta Anda untuk memesan tempat duduk tambahan. Ada juga maskapai penerbangan yang akan menawarkan untuk membiarkan Anda menggunakan kursi kedua secara gratis, tapi kemudian menarik tawarannya bila pesawatnya terisi.

Meski masih lebih rumit daripada terbang sebagai orang yang bertubuh sehat, penerbangan bagi penyandang disabilitas lebih mudah dari sebelumnya. Jika Anda memilih maskapai penerbangan yang tepat, Anda akan mendapati staf yang sopan dan mengerti kebutuhan penumpang dengan kebutuhan khusus.