Layar Informasi di Stasiun Kini Jadi Obyek Iklan Komersial

Sumber: thehindu.com

Dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan non-tarif, Kementerian Perkeretaapian India telah memutuskan untuk “memonetisasi” asetnya dengan meluncurkan kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan di luar pendapatan tarif. Untuk memulainya, setengah dari layar digital Rail Display Network (RDN) yang menampilkan informasi real time kepada penumpang diusulkan akan menayangkan iklan komersial.

Baca Juga: India Sukses Lubangi Perut Bumi Untuk Jalur MRT Bawah Airnya

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thehindu.com (15/7/2017), RDN merupakan proyek ambisius Menteri Perkeretaapian India, Suresh Prabhu yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan menyebarkan semua informasi yang berkaitan dengan penumpang, termasuk jadwal kedatangan / keberangkatan kereta api, fasilitas keselamatan yang tersedia, dan perkembangan terbaru mengenai suatu lokasi pasca bencana di layar digital raksasa di semua stasiun kereta api utama.

Layar RDN akan menampilkan konten audio-video di bawah pengawasan langsung RailTel, sebuah badan yang ditunjuk oleh Kereta Api India untuk menerapkan dan mengelola sistem, sebagaimana yang tercantum pada laman sumber. RailTel akan memberikan kontrak melalui proses tender yang transparan dan pemegang lisensi yang berwenang akan menampilkan konten audio/video di layar berdasarkan pedoman dan norma pemerintah untuk penggunaan umum.

Baca Juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Informasi yang berkaitan dengan penumpang akan memakan ruang kurang lebih 50 persen dari keseluruhan layar digital, sementara space tersisa akan digunakan oleh pemegang lisensi untuk menampilkan iklan, pesan sosial, dan lain-lain. RailTel akan memutuskan untuk menggunakan tingkat audio dalam satuan suara yang diizinkan dan menentukan langkah-langkah terperinci selanjutnya untuk memastikan keamanan RDN dari upaya yang mungkin dilakukan untuk mencegah pengambilalihan sistem yang tidak bersahabat oleh sumber yang tidak sah.

Baca Juga: Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

Setelah memulai pengoperasiannya, RDN akan menjadi media periklanan eksklusif di gedung-gedung bertingkat, stasiun, balai pertemuan atau meeting point, jembatan penyebrangan hingga platform di stasiun kereta. “Pihak Kereta Api akan membentuk sebuah komite pengawasan di Dewan Perkeretaapian, tingkat zonal dan tingkat divisi yang masing-masing terdiri dari perwira senior untuk memfasilitasi peluncuran proyek tersebut dengan mulus,” ungkap sumber tersebut. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa perkeretaapian akan menyanggupi masalah tempat, listrik dan dukungan logistik lainnya kepada RailTel untuk melaksanakan proyek tersebut.