Langkah-Langkah Ini Akan Mudahkan Proses Evakuasi Saat Kapal Mengalami Kecelakaan!

Ilustrasi Kapal Tenggelam. Sumber: istimewa

Tentu Anda semua pernah menonton film Titanic, bukan? Ya, film yang sangat melegenda ini diangkat dari kisah nyata dimana Royal Mail Ship (RMS) Titanic menabrak gunung es dan tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City. Dalam tragedi yang tecantum sebagai yang paling mematikan di dalam sejarah kemaritiman ini, sebanyak 1.514 penumpangnya meninggal dunia.

Baca Juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Nah, semisal Anda berada dalam skenario kecelakaan kapal seperti yang dialami oleh Titanic seratus tahun silam, ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar nyawa Anda tetap terselamatkan. Dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan sekitar. Semisal situasinya tidak memungkinkan Anda untuk bertahan di dalam kapal, terjunlah ke dalam air.

Tapi jangan asal lompat ya, Anda harus memastikan beberapa hal sebelum lompat, seperti ketinggian tempat Anda lompat ke permukaan air, life jacket yang sudah terpasang di tubuh Anda, dan keberadaan sekoci yang dapat Anda tumpangi. Pastikan pula Anda telah mengenakan life jacket secara benar, karena pemakaian yang salah dapat menyebabkan leher Anda patah!

Laman sielearning.tafensw.edu.au menyebutkan, upayakan lengan tetap berada di samping ketika Anda terjun meninggalkan kapal. Jangan lupa untuk menutup hidung dan mulut Anda ketika terjun, karena dikhawatirkan hentakan tubuh ke air yang keras akan mempengaruhi volume air yang masuk ke dalam tubuh Anda melalui hidung dan mulut.

Anda juga disarankan untuk terjun dengan posisi kaki terlebih dahulu. Semisal Anda terjun dengan posisi kepala terlebih dahulu, dikhawatirkan ada benda keras yang tertutup oleh buih air laut dan itu akan menghantam kepala Anda yang bisa saja membuat Anda kehilangan kesadaran dan membuat suasana semakin buruk!

Bagi Anda yang takut akan ketinggian, ada tips khusus yang akan memudahkan Anda untuk melompat. Jangan melihat ke arah bawah dan tetap fokuskan pandangan Anda lurus sejajar arah kepala (melihat ke arah depan), dengan begitu akan sedikit mengurangi rasa takut Anda akan ketinggian.

Baca Juga: Bila Tak Cermat, Airbag Justru Bisa Membayakan Anda

Lalu sesampainya di laut, apa yang harus Anda lakukan? Tentu saja upayakan untuk mencari sekoci pertolongan atau benda mengambang lain yang dapat membantu Anda bertahan. Jangan lupa untuk dekatkan diri dengan korban lain, karena itu akan memudahkan regu evakuasi untuk menyadari posisi Anda.

Ketika sudah berada di perahu penyelamat, upayakan untuk meminta baju hangat agar Anda terhindar dari ancaman hipotermia.