(Lagi) Gajah Tewas Tertabrak Kereta Api di India

Gajah tewas tertabrak kereta api di India (Newsreleaser)

Gajah di India semakin hari kian berkurang populasinya, salah satu sebabnya karena banyak yang tewas akibat tertabrak kereta api. Baru-baru ini tepatnya pada 4 Juni 2018 kemarin, dua anak gajah harus tewas tertabrak kereta api di Yedakumeri di Shiradi Ghats, Sakleshpur Taluk.

Baca juga: Di India, Ratusan Gajah Mati Ditabrak Kereta Api

Dilansir oleh KabarPenumpang.com dari newindianexpress.com (6/6/2018), kematian gajah karena tertabrak kereta api ini memicu ke khawatiran di Karnataka. Hal ini membuat pihak konservasi satwa liar menyerukan tindakan tegas terhadap otoritas South Western Railway (SWR) setelah meningkatnya insiden kematian gajah di rel kereta api.

Mereka mengatakan, bahwa SWR sendiri belum menerapkan langkah-langkah mitigasi atau pedoman yang diberikan Dewan Kereta Api untuk beroperasi di kawasan hutan.

“Tindakan harus diambil terhadap departemen kereta api dan melarang adanya jalur kereta api di Ghats Barat. Di Karnatakan, mematikan kereta api menjadi hal yang biasa ketika departemen kehutanan tampaknya benar-benar tidak berdaya dalam mengambil tindakan apapun terhadap kereta api,” ujar aktivis margasatwa G Veeresh.

Diketahui, jalur kereta api Hospet-Tinnaighat dan Miraj-Londa telah menjadi perangkap kematian yang nyata bagi satwa liar. Tak hanya itu jalur Sakleshpur-Mangaluru juga sangat berbahaya bagi gajah dan satwa liar lainnya.

Sedangkan Yedakumeri sendiri merupakan koridor gajah yang penting dan hampir 30 gajah tinggal di sini dengan induk dan anak mereka. Adapun koridor gajah untuk berkembang biak lainnya yakni hutan Bisle, Kaginere dan Kenchana Kumbri.

Namun tujuh desa seperti Bisle, Mavinoor, Boranamane, Yathahalla, Bajemane, Kaginere dan Balehalla juga menjadi tempat tinggal gajah. Selain itu semua penduduk telah memberikan izin untuk mengosongkan rumah mereka dan memberikan gajah-gajah tersebut jalan.

Baca juga: Halau Rusa di Jalur Kereta, Peneliti Jepang Pasang Klakson Suara Anjing Melolong di Lokomotif

Menurut Hassan Wildlife Society, Ketua Menteri H D Kumaraswamy telah berjanji kepada para petani tentang relokasi permanen mereka selama kampanye pemilihannya. Adanya masalah ini juga membuat para pejabat kehutanan pun akan melakukan pertemuan bersama otoritas kereta api untu mengatasi masalah tewasnya gajah-gajah itu.

Kematian gajah tidak hanya di satu kota, April 2018 kemarin, empat gajah tewas tertabrak kereta api di Jharsuguda, Odisha dan dari 2009-2017 sebanyak 120 gajah tewas tertabrak kereta api di India.