Kurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan di Perjalanan, Tips Ini Layak Anda Coba!

Wordpress.com

Sebagai pelancong yang senang sekali menikmati suatu tempat baru, biasanya juga akan mencoba berbagai kuliner di daerah yang di kunjunginya. Seperti Indonesia yang memiliki 34 provinsi dengan makanan khas masing-masing dan mencoba makanan khas setiap daerah.

Baca juga: Porsi Makanan di Pesawat Tak Cukup? Jangan Khawatir, Bisa Nambah Asal Sopan

Namun, sebelum bepergian, pelancong yang juga seorang penumpang moda transportasi akan menyiapkan bekal selama perjalanan. Bahkan bila pergi jauh mereka memilih makanan yang sehat dalam perjalan mereka.

Biasanya, penumpang akan mengurangi porsi makanan mereka saat dalam perjalanan. Mungkin bagi yang biasa dengan porsi besar, mengurangi porsi mereka akan cukup sulit.

Tetapi tenang saja, KabarPenumpang.com mendapatkan beberapa tips untuk penumpang yang tetap ingin sehat meski harus mengurangi porsi makanan mereka dalam perjalanan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan penumpang dalam perjalanannya.

1. Penuhi piring dengan sayuran dan buah
Biasanya seorang pelancong memilih makanan dengan karbohidrat tinggi, padahal baiknya sebelum makan karbohidrat, sayur dan buah adalah pilihan tepat. Sehingga karbohidrat yang dimakan pun tidak terlalu banyak. Ini bisa membuat pelancong yang makan dengan porsi besar lebih sehat meski karbohidrat sedikit dan membuat perut kenyang tanpa harus takut kelaparan.

2. Pisahkan tempat dan gunakan piring kecil
Jika membawa makanan dalam moda transportasi, mungkin akan banyak tempat yang dibawa, pisahkan dalam porsi kecil makanan yang akan dibawa. Namun, jika menggunakan piring, pilih yang kecil sebab biasanya pelancong akan memasukkan makanan mereka 70 persen dari ukuruan piring. Sehingga dengan piring kecil tanpa sadar porsi makan pun berkurang. Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University tahun 2012, ketika piring dan makanan memiliki kontras warna yang tidak terlalu mencolok, orang cenderung akan makan lebih banyak.

3. Perbanyak sumber protein
Dalam perjalanan jauh, baiknya pelancong mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi dan pilih protein. Sebab makanan dengan sumber protein tinggi juga bisa meningkatkan rasa kenyang dibandingkan karbohidrat atau berlemak. Pilihan telur, ikan, seafood, ayam tanpa kulit, tahu, tempe dan kacang-kacangan adalah yang paling tepat.

4. Sup dan salad
Dalam penerbangan jarak jauh, kabin kelas satu biasanya akan disuguhkan menu untuk penumpang. Bila Anda termasuk salah satunya, pilihlah sup atau salad, karena bisa mengurangi hidangan utama dan juga memiliki kandungan air serta serat yang tinggi. Tetapi tak perlu khawatir untuk penumpang di kabin ekonomi atau moda transportasi lain. Hal ini bisa dibawa sebagai pilihan menu lain jika Anda memang lebih suka membawa makanan dari rumah untuk bekal perjalanan.

Baca juga: Tergerus Zaman, Tradisi Bawa Bekal dan Berbagi Makanan di Kereta India Mulai Hilang

5. Jangan lakukan hal lain saat makan
Konsentrasilah saat makan, sebab akan membantu proses mencerna makanan tersebut. Sedangkan jika sambil nonton tv, melihat ponsel atau di depan komputer rasa lapar akan cepat menghampiri dan membuat tubuh tidak sehat. Ini juga dilakukan agar mudah merasakan kapan harus berhenti makan saat sudah kenyang.

6. Minum sebelum makan
Minum sebelum makan akan membuat seseorang tidak akan makan berlebihan. Jadi sebaiknya minum air putih sekitar dua gelas atau 500 ml sebelum makan sehingga bisa mengurangi porsi makan.