Knightscope K5, Robot Penghalau Taksi Gelap di Bandara LaGuardia

Robot K5 di Bandara LaGuardia (Nypost)

Bandara LaGuardia di New York memiliki petugas keamanan selain manusia yakni robot. Robot ini bernama Knightscope K5 R2-D2-esque dan ditempatkan di Terminal B bandara ini. Tugasnya adalah untuk berpatroli di sekitaran bandara dengan menghalau penipu dan pengemudi taksi gelap.

Baca juga: “Kempa,” Robot Humanoid Khas India Hadir di Bandara Bengaluru

KabarPenumpang.com melansir dari laman nypost.com (3/5/2018), robot ini dilengkapi dengan empat kamera, mikrofon dan sensornya. Robot K5 dioperasikan oleh LaGuardian Gateway Partners dan mereka tidak mengatakan berapa harga sewa yang digunakan untuk menyewa robot berwarna biru putih ini.

Tetapi Knightscope mengatakan, pihaknya menyewakan robot seperti itu antara US$6500 dan US$8300 perbulannya. Sedangkan petugas keamanan manusia di bandara mengatakan, robot tersebut harusnya menghalau para penipu dan pengemudi ilegal yang mengganggu tempat parkir, tetapi tidak untuk yang satu ini karena di anggap mengganggu.

“Mereka hanya menertawakan, saat robot berkeliling dan mengantar penumpang ke mobil mereka. Itu buang-buang uang. Biaya untuk menyewa robot ini bisa digunakan untuk merenovasi tiga kamar mandi kami dan mendapatkan sink yang berfungsi,” ujar salah seorang petugas keamanan tingkat tinggi di bandara.

Seorang pengemudi ilegal, Mohammad mengatakan, dirinya tidak menyadari tugas robot itu sebenarnya dan dia berpikir itu adalah robot penjual. Tak hanya itu, beberapa penumpang perempuan mengatakan, mereka kesal saat robot tersebut berada di sekitar mereka.

“Robot itu datang tempat ke saya. Saya melihat apa yang aneh itu dia duduk 10 inci jauhnya dari lutut saya selama satu menit,” ujar Kris Cabagnot.

Namun, ketika orang yang mendekati K5, robot itu berkata ‘Anda berada di ruang pribadi saya’. Tetapi ternyata tak semua menyalahkan robot itu, melainkan beberapa mengatakan siap untuk di bantu.

“Itu menyenangkan. Saya suka bagaimana robot bergerak dan warnanya. Sangat menyenangkan untuk bermain bersama,” ujar seorang anak bernama Hakim McNair.

Baca juga: Bandara Munich Gandeng Lufthansa Hadirkan Robot Humanoid Untuk Bantu Penumpang

Operator bandara mengatakan, sebenarnya robot tersebut dihadirkan untuk menguji teknologi dalam upaya membuat Terminal B lebih canggih.

“Konsepnya dalam tahap pengujian sekarang, patroli tingkat kedatangan. Kemampuan termasuk pengawasan video, kemampuan untuk menyiarkan rekaman dan pesan langsung jika terjadi insiden dan kemampuan untuk memastikannya menghindari orang dan benda di jalurnya,” kata juru bicara LaGuardia Gateway Partners.