Kereta Premium Siap Ramaikan Rute Lubuk Pakam-Pematangsiantar

Stasiun Lubuk Pakam

Sektor pariwisata Sumatera Utara saat ini mulai dikembangkan dengan dukungan bandara Silangit yang sudah menjadi bandara internasional juga akan di dukung dengan moda transportasi lainnya. Salah satunya adalah layanan kereta dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang akan mengoperasikan kereta premium rute Lubuk Pakam menuju Pematangsiantar.

Jalur ini masuk dalam Divisi Regional (Divre) 1 Sumatera Utara dan Naggroe Aceh Darussalam (NAD). Vice President KAI Divre Sumut Aliskan mengatakan, kereta yang akan digunakan adalah kereta premium baru dan diharapkan bisa sampai ke Sumatera Utara tahun ini juga.

“Nantinya pada tahap awal kereta api premium akan melayani rute Lubuk Pakam menuju Pematangsiangtar masing-masing dua kali perjalananan,” ujar Aliskan yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman okezone.com (8/11/2017).

Baca juga: Bandara Silangit Terintegrasi Shuttle Bus Menuju Pulau Samosir

Dia mengatakan, dengan adanya operasional kereta premium ini, maka kedepannya rute Medan tujuan Pematangsiantar akan dilayani tiga kali sehari. Aliskan tidak mengatakan berapa banyak kereta yang akan dioperasikan, namun diketahui, satu gerbong kereta akan berisi 80 kursi.

“Yang pasti fasilitas kereta api premium ini cukup bagus. Sesuai dengan tujuan calon penumpang untuk berwisata,” kata Aliskan.

Sedangkan untuk sampai ke Danau Toba, penumpang kereta dari Siantar akan dilayani dengan bus Damri. Tak hanya itu, Aliskan mengatakan ada wacana akan ada pembangunanan rel kereta api rute Siantar menuju Parpat.

Saat ini, rencana tersebut sedang dalam proses pengkajian di kementerian terkait yakni Kementerian Perhubungan termasuk besar investasinya. Diketahui, sebenarnya rute Medan tujuan Pematangsiantar atau Lubuk Pakam tujuan Siantar sudah ada kereta Siantar Ekspress yang merupakan kereta ekonomi.

Baca juga: Di Sawahlunto, Ternyata Juga Ada Museum Kereta Api

Dengan jadwal keberangkatan awal KA dari Siantar pukul 06.20 pagi dan tiba di medan pukul 10.25 pagi. Kemudian kereta ini akan berangkat kembali dari Medan pukul 14.00 dan tiba di Siantar pukul 17.50 sore. Akan memakan waktu sekitar empat jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 103 km dan harga tiket sekali jalan Rp22 ribu baik dari Medan menuju Siantar ataupun sebaliknya.