KA Ekonomi Siliwangi, Tawarkan Keindahan Alam di Rute Sukabumi-Cianjur

Kereta Siliwangi relasi Sukabumi menuju Cianjur

Siliwangi, nama ini mungkin tak asing di telinga Anda. Tapi, tahukah Anda nama salah satu Prabu di Jawa Barat ini dipakai untuk nama kereta tujuan Sukabumi-Cianjur? Ya, kereta ini merupakan kereta api perintis lokal atau kereta kelas ekonomi AC.

KA Siliwangi diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada 19 Februari 2016 lalu. Kemudian pengoperasian KA Siliwangi dilaksanakan oleh PT kereta Api Indonesia (KAI) yang ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Agustus 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp9,5 miliar, namun di perpanjang hingga akhir tahun 2017 ini.

Baca juga: Lampegan, Terowongan Tertua di Indonesia, Abadikan Misteri Nyi Ronggeng

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai sumber, bahwa tiket kereta Siliwangi tak bisa dibeli secara online, sebab harga tiket ini cukup murah dan bisa didapatkan di stasiun Sukabumi dengan tarif sebesar Rp3 ribu. Memang tak banyak memiliki gerbong hanya ada lima gerbong dengan empat untuk penumpang dan satu gerbong makan.

Walaupun hanya mengangkut sedikit gerbong, tetapi kereta tersebut mampu mengangkut 472 penumpang. Harga tiket yang cukup murah ini membawa Anda dengan kereta Siliwangi menempuh jarak sepanjang kurang lebih 38,6 km.

Pemandangan di jalur Sukabumi-Cianjur yang dilintasi kereta Siliwangi (Kompas)

Perjalanan kereta ini memakn waktu selama 90 menit berangkat dari Sukabumi menuju Cianjur dan memberikan Anda kenikmatan pemandangan alam yang didominasi dengan pegunungan dan persawahan hijau. Setiap hari kereta relasi Sukabumi-Cianjur (PP) ini melayani tiga trip perjalanan.

Kereta Siliwangi akan melewati beberapa stasiun dan salah satunya adalah stasiun Lampegan dengan terowongannya yang penuh sejarah sebelum sampai di stasiun Cianjur. Selain stasiun Lampegan kereta Siliwangi akan melalui stasiun Gandasoli, Cireungas, Cibeber, Cilaku dan terakhir staisun Cianjur.

Baca juga: Rute KA Bogor – Sukabumi – Cianjur, Masih Eksis Meski Terlupakan

Hadirnya KA Siliwangi sebenarnya dibuat untuk memudahkan masyarakat lebih menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan mobil. Apalagi ketika situasi lalu lintas padat, karena tiket kereta Siliwangi cukup ramah untuk kantong masyarakat Sukabumi dan Cianjur.

Diketahui, jalur kereta ini sempat diperbaiki dengan penggantian rel bantalan kayu menjadi bantalan besi antara stasiun Lampegan-Cibeber sepanjang sekitar 21,6 km. Selain itu juga ada perbaikan jalan kereta api yang longsor, manteling dinding terowongan, peningkatan persinyalan, penanganan longsor dengan Retaining Wall Beton dan penanggulangan badan jalan kereta yang longsong akibat erosi aliran sungai.

KA Siliwangi berangkat pertama dari Sukabumi pukul 05.45 dan tiba pukul 07.10. Keberangkatan kedua pukul 10.20 dan tiba pukul 11.45. Sedangkan keberangkatan ketiga pukul 15.50 dan tiba pukul 17.15. Untuk kereta keberangkatan dari Cianjur pertama pukul 08.15 dan tiba pukul 09.40. Keberangkatan kedua pukul 13.50 dan tiba pukul 15.15. Keberangkatan terakhir pukul 18.15 dan tiba pukul 19..40.