Jelang Pengoperasian Terminal Baru Bandara Ahmad Yani, Angkasa Pura I Gelar “Operasi Boyong”

Hari Rabu besok, (6/6/2018) akan terlihat suasana baru di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, pasalnya Terminal Baru di bandara tersebut akan mulai dioperasikan. Dengan beragam fasilitas modern, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani dirancang mampu menampung 7 juta penumpang per tahun, atau kapasitas per harinya mencapai 19 ribu penumpang.

Baca juga: PT Angkasa Pura I Lakukan Topping Off Terminal Apung Bandara Ahmad Yani

Dan menjelang pengoperasian Terminal Baru tersebut, PT Angkasa Pura I selaku pengeloka bandara menggelar “Operasi Boyong” untuk memindahkan peralatan-peralatan operasional yang ada di terminal eksisting ke terminal baru. Operasi Boyong ini merupakan tahap akhir persiapan sebelum pengoperasian Terminal Baru.

Dikutip dari siaran pers (5/6/2018) Angkasa Pura I yang diterima KabarPenumpang.com, Operasi Boyong dilakukan secara bertahap sejak Selasa (5/6) siang hari hingga Rabu (6/6) dini hari. Pada siang hari mulai dipindahkan beberapa peralatan dan fasilitas pendukung ke terminal baru. Pada saat bersamaan juga dilakukan pemeriksaan kondisi fasilitas di terminal baru oleh masing-masing unit yang bertanggung jawab terhadap fasilitas tersebut.

“Operasi Boyong ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan operasional pada terminal lama karena fokus aktivitas pemindahan akan dilakukan pada malam hari menjelang operasional bandara tutup. Selesainya Operasi Boyong ini menandakan kesiapan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk dioperasikan dan diresmikan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Adapun peralatan yang dipindahkan mencakup peralatan screening check point (SCP) 2 dan fasilitas di ruang tunggu domestik dan internasional. Peralatan lain yang dipindahkan yaitu trolley, x-ray, komputer kios, walk through metal detector (WTMD) atau alat pendeteksi metal, meja pemeriksaan SCP, peralatan perkantoran, dan lainnya. Selain

Sebelumnya, pada Minggu (3/6), telah dilakukan simulasi total pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Simulasi ini melibatkan 100 karyawan yang berperan sebagai penumpang. Selain itu, beberapa karyawan lain berperan sebagai petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, petugas groundhandling, dan instansi terkait seperti bea cukai dan imigrasi. Simulasi dimulai dari kedatangan penumpang, penggunaan troli, check in, screening, dan lainnya.

Baca juga: Sepanjang 2017, Angkasa Pura I Catat Melayani 89,7 Juta Penumpang

Dengan dibukanya Terminal Baru, maka daya tampung Bandara Ahmad Yani untuk menangani momen mudik Lebara 2018 ikut terdongkrak. Merujuk ke Lebaran 2017, tingkat kepadatan penumpang mencapai 16.700 orang per hari. Dan di Lebaran 2018, diprediksi akan ada lonjakan sampai 18.000 penumpang. Dengan kapasitas per hari 19.000 orang, maka PT Angkasa Pura I kini lebih siap melayani peak season Lebaran 2018.