Jangan Remehkan Mini Moke, Jika Tidak Hati-Hati Bisa Fatal!

Mini Moke. Sumber: newsapi.com.au

Jika Anda pernah ke Karibia atau berbagai tempat liburan tropis lainnya, kemungkinan Anda pernah melihat Mini Moke. Mini moke adalah satu varian mobil Mini yang dirancang British Motor Corporation oleh Sir Alec Issigonis. Desain asli adalah sebagai kendaraan serbaguna militer seperti kendaraan Jeep yang digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat . Tetapi ukuran roda yang kecil dan ketinggian Mini moke tidak mencukupi untuk penggunaan jalan kasar (off-road).

Baca Juga: Intip Yuk 10 Tujuan Wisata Favorit Versi Pinterest!

Mini Moke diproduksi pada periode tahun 1964 hingga 1993 di beberapa belahan dunia (dan baru-baru ini dibangkitkan sebagai mobil listrik). Hingga kini, Mini Moke masih populer sebagai bugi pantai (beach buggy) yang biasanya sering ditemui di Australia , Amerika Serikat dan di tempat-resor tropis lainnya.

Seiring perkembangan jaman, Mini Moke tersebar banyak jenis lainnya, seperti jenis British Mokes, Australian Mokes, hingga Portuguese Mokes dimana penyebarannya sesuai dengan kebutuhan di berbagai lokasi tersebut. Berubah fungsi hingga berubah bentuk ke revolusi baru. Kini, perusahaan desain kendaraan asal Perancis, Lazareth menawarkan replika Moke yang kerap kali disebut mobil amfibi.

Kendaraan 4 Wheel Drive (4WD) ini didukung oleh mesin 4-katup 400cc, yang siap membawa penumpangnya melaju di kecepatan maksimal 56 mph atau setara dengan 90 km per jam. Setelah kendaraan ini masuk ke dalam air, sebuah baling-baling yang terintegrasi lalu mengambil alih penggerak utama dalam hanya hitungan detik. Dengan menggunakan tenaga baling-baling, Mini Moke dapat melaju dengan kecepatan tujuh knot atau setara dengan 13km/jam.

Baca Juga: EMBATT, Baterai Mobil Yang Dapat Menempuh Jarak 1000 Km

Body dari Mini Moke terbuat dari alumunium yang diisi dengan busa pori-pori kecil tertutup (closed-cell foam), sehingga memungkinkan kendaraan ini tetap mengapung dan tidak menimbulkan karat di bagian besinya.

Namun, dibalik fungsinya sebagai kendaraan di pantai, jangan kira Mini Moke ini tidak bisa menimbulkan bencana. Tercatat, pada 2 Juni 2017 kemarin, dua buah Mini Moke mengalami tabrakan di Magnetic Island, di Queensland, Australia. Dari kejadian tersebut, dua orang tewas dan satu lainnya mengalami luka yang cukup serius sehingga memerlukan perawatan intensif.

Kecelakaan tersebut terjadi tepat pada pukul 01.00 waktu setempat di Sooning St, Nelly Bay. Salah satu Mini Moke keluar dari jalanan aspal dan menabrak sebuah tiang setelah sebelumnya beach buggy tersebut mengalami selip di sebuah bundaran.