Jangan Asal Pilih Ban, Inilah Dua Jenis Ban yang Lumrah Digunakan

Sumber: istimewa

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, tentu Anda pernah dihadapkan pada situasi dimana Anda harus memilih ban mana yang cocok untuk kendaraan Anda, bukan? Khusus untuk pengguna kendaraan roda empat, patut Anda ketahui bahwa tidaklah semua ban sama. Ada kriteria tertentu yang sedikit banyaknya akan mempengaruhi kinerja pengoperasian dari kendaraan.

Baca Juga: Persiapan Musim Salju, Translink ‘Selimuti’ Ban Pada Armada Bus

Nah, sekarang, coba Anda perhatikan sisi luar dari ban tersebut dan perhatikan alfabet yang tertera. Ya, dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, secara keseluruhan, ban kendaraan roda empat itu sendiri terbagi ke dalam dua kategori, Passenger Tires (P) dan Light Truck Tires (LT). Sesuai dengan namanya, sudah barang tentu penggunaan kedua jenis ban ini pun dapat dikualifikasikan dari jenis kendaraan itu sendiri. Seperti yang sudah disinggung di atas, kendati kedua jenis ban ini secara kasat mata hampir sama, namun peruntukkan dan total beban yang dapat diangkut oleh kedua jenis ban ini tentulah berbeda.

Sumber: discounttiredirect.com

Untuk Passenger Tires, ban jenis ini dirancang untuk kendaraan-kendaraan dengan ukuran bodi yang kecil, seperti minivan, SUV, CUV, hingga truk kecil dan kendaraan setengah ton.

Sedangkan Light Truck Tires seyogyanya dipasangkan pada kendaraan 3/4 ton, SUV berukuran besar, Van, dan truk besar lainnya.

Sumber: discounttiredirect.com

Passenger Tires dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, seperti minim getaran, mampu beradaptasi dengan medan apapun (jalanan basah maupun kering), dan menyediakan daya dukung beban yang memadai. Sementara itu, ban jenis ini tidak cocok jika dipasangkan pada kendaraan besar yang kerap membawa beban berat seperti truk, van, dan lain-lain.

Karena didesain untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, ban jenis ini tidak cocok pula jika digunakan pada medan off-roads dan tidak tahan tusukan batu atau kerikil tajam layaknya Light Truck Tires.

Sementara itu, karena kapasitas beban angkut Light Truck Tires yang jauh lebih besar, maka para produsen ban merancang mereka lebih kasar dan sedikit lebih tahan lama. Ban-ban semacam ini dinilai sempurna untuk kondisi jalan yang tidak rata, berlubang, dan bebatuan.

Tidak hanya itu, bagian sisi ban yang didesain lebih keras ketimbang Passenger Tires akan berdampak pada perjalanan yang lebih ‘keras’ karena ban jenis ini tidak menyerap guncangan dan getaran.

Baca Juga: Pegangan di Belakang Bus, Pria Rollerblades Ini Melaju 20 Detik

Berbanding terbalik dengan Passenger Tires, Light Truck Tires lebih cocok digunakan pada kendaraan-kendaraan yang menempuh medan off-roads atau bebatuan. Dengan dukungan dari kekerasan ban yang memadai, maka tidak heran jika Light Truck Tires lebih memiliki resistensi terhadap batuan tajam.

Sekarang, sudah Anda semua sudah tahu kan perbedaan dari kedua jenis ban di atas? Pastikan kendaraan Anda dilengkapi dengan ban yang sesuai supaya dapat lebih menunjang pengoperasiannya.