Jangan Asal Beli Kacamata Hitam, Perhatikan Cara Memilihnya

Sumber: designersoutfits.com

Menjalani aktivitas sebagai penumpang moda transportasi, banyak hal yang Anda perlukan, salah satunya adalah kacamata sebagai alat yang bisa melindungi mata dari sinar matahari, tentunya pemilihan kacamata hitam tidak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor yang harus Anda pahami terlebih dahulu sehingga Anda tidak salah memilih kacamata tersebut. Layaknya kulit, mata pun harus dilindungi dari yang namanya pancaran sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari yang dapat membahayakan lensa dan kornea mata.

Baca Juga: Mau Travelling, Ini Tips Buat Melipat Pakaian Yang Hemat Tempat!

Radiasi UV dapat meningkatkan risiko katarak. Selain itu, ada juga beberapa penyakit mata yang bisa  saja timbul akibat terkena radiasi sinar UV, seperti Pterygium dan Pingueculum. Maka dari itu, berikut KabarPenumpang.com melansir dari laman allaboutvision.com, paparkan beberapa cara untuk memilih kacamata hitam yang susai dengan standar, jangan sampai asal beli lho!

Pastikan kacamata yang Anda pilih dapat melindungi dari pancaran sinar UV-A dan UV-B. Biasanya di outlet resmi penjualan kacamata, Anda dapat melihat kacamata tersebut memiliki perlindungan terhadap sinar UV dari label lenses block 99% atau UVA/UVB rays. Dengan tercantumnya label tersebut, maka kacamata itu udah memiliki perlindungan terhadap sinar UV.

Baca Juga: Ini Dia! 9 Tipe Orang yang Biasa Kita Temui di Bandara

Lalu Anda tidak bisa sembarangan memilih kacamata yang memiliki tingkat kegelapan yang sangat tinggi, karena hal tersebut akan membahayakan Anda ketika digunakan. Standar untuk tingkat kegelapan kacamata adalah Z80.3 menurut Institut American National Standart (ANZI). Kacamata yang baik juga mampu melindungi dari paparan radiasi dengan panjang gelombang lebih dari 400 nanometer. Dalam label kacamata biasanya bertuliskan UV 400 protection.

Jangan lupa untuk memilih kacamata dengan rona lensa yang tepat. Tentunya kacamata dengan rona gelap lebih baik dibandingkan dengan rona lensa yang mengkilat. Namun, tidak ada salahnya memilih varian rona lain seperti merah maroon atau cokelat. Hanya saja, kacamata dengan rona lensa berwarna akan sedikit meyulitkan Anda untuk membedakan warna lampu lalu lintas.

Sumber: istimewa

Untuk lensa, Anda akan dihadapkan dengan tiga pilihan yang memiliki keunggulan masing-masing, yaitu polarized lens, gradient lens, dan mirrored lens. Polarized Lens merupakan lensa yang memiliki lapisan khusus yang berguna untuk mengurangi rasa silau terhadap sinar yang terpantul dalam beragam permukaan. Kelebihan tersebut membuat Polarized Lens sangat idela untuk digunakan pada aktifitas air hingga  mengemudi di jalan.

Sumber: istimewa

Mirrored Lens merupakan lensa yang memiliki lapisan coating pada bagian atasnya yang berfungsi untuk memantulkan sinar yang masuk. Walaupun fungsinya hampir sama dengan Polarized Lens, namun Mirrored Lens lebih mudah dikenali. Dan yang terakhir adalah Gradient Lens, dimana lensa jenis ini mudah dikenali dari tampilan fisiknya. Lensa jenis ini memiliki bagian yang gelap di atas dan semakin memudar di bagian bawahnya, sesuai dengan namanya.

Sumber: istimewa

Dari ketiga jenis lensa yang sudah dipaparkan di atas, Anda bisa memilih salah satu untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika sudah menentukan, sebaiknya Anda memilih kacamata dengan ukuran yang besar. Ini bertujuan untuk melindungi area di sekitaran mata dan juga mengurangi penetrasi dari sinar UV.

Dari sekian banyak tips di atas, muncullah dua nama brand kacamata yang namanya sudah mendunia, yaitu Ray-Ban dan Polaroid. Diantara sejumlah merk-merk yang ada, dua nama ini kerap kali dipilih karena kualitasnya yang sudah teruji dan memenuhi standar. Jadi, bagi Anda yang berminat  untuk membeli kacamata hitam, jangan cuma buat asal gaya ya, karena risiko yang ditimbulkan bisalah berbahaya.