Jadi Penumpang Tunggal di Penerbangan Garuda Indonesia, Sosok Pengusaha Asal Palu Menjadi Viral

Habib Husain Idrus Alhabsy

Baru-baru ini viral sebuah video dimana seorang pria menjadi satu-satunya penumpang di dalam pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737-800. Penumpang yang diketahui bernama Habib Abdullah Idrus Alhabsy, merupakan seorang pengusaha asal kota Palu, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Pengamat: Pilot TNI AU Butuh Waktu Transisi Untuk Menerbangkan Pesawat Garuda Indonesia

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, ternyata kejadian ini bukanlah pertamakalinya dirasakan pria yang akrab di panggil Dolah Palu ini. Dari rekaman tersebut dia mengatakan juga pernah menggunakan DC-10 dalam kondisi sendirian seperti sekarang.

Banyak yang mengatakan, dirinya tersinggung karena diturunkan di Makassar dan akhirnya mencarter pesawat dari Makassar ke Palu. Akibat adanya pernyataan carter, Vice President PT PT Garuda Indonesia Wilayah Kalimantan Sulawesi mengatakan, tidak ada pencarteran melainkan pesawat tersebut adalah berjadwal atau reguler.

Dia menjelaskan, kemungkinan pesawat yang ditumpangi Dolah Palu merupakan pesawat yang mengalami keterlambatan dan penumpang ditransfer ke pesawat yang lebih awal. Padahal cerita yang sebenarnya adalah Dolah Palu tertinggal pesawat yang berangkat langsung ke Jakarta dari Palu.

Dirinya datang setelah pesawat baru selesai boarding, karena dia pemegang kartu platinum Garuda Frequent Flyer akhirnya dirinya mendapat prioritas untuk ikut penerbangan Garuda. Ground crew Garuda Indonesia di Palu kemudian diikutkan penerbangan lanjutan dan pesawat tersebut lebih dahulu transit di Makassar dan penumpang dari Palu turun, tetapi Dolah Palu tak ingin turun dan memaksa tetap di dalam pesawat.

Hal ini membuat pilot dan kopilot akhirnya mengiyakan Dolah Palu terbang bersama mereka meski sendirian tanpa penumpang lain dan hanya dengan pilot, kopilot serta enam orang awak kabin dalam pesawat berisi 156 penumpang tersebut. Dia mengatakan, video dirinya dalam penerbangan tersebut diunggah oleh seorang teman yang sudah meminta izin terlebih dahulu sebelum mempostingnya ke akun media sosial.

Namun, sayangnya, hingga hari ini, dari pihak PT garuda Indonesia pusat tak memberikan tanggapan apapun saat KabarPenumpang.com mencoba untuk menghubungi.

Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung Jakarta–Palu setiap harinya dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 622) pukul 18.10 WIB dan tiba di Palu pada pukul 21.55 WITA, kemudian kembali terbang dari Palu keesokan harinya (GA 623) pada pukul 07.20 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 08.50 WIB. Penerbangan langsung Jakarta – Palu tersebut dilayani dengan menggunakan pesawat jenis B737-800NG dengan kapasitas kursi sebanyak 156 penumpang dengan konfigurasi 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

Baca juga: Menko Maritim Turun Tangan, Rencana Mogok Pilot dan Karyawan Garuda Indonesia Pun Batal

Sementara itu, penerbangan ke Palu melalui Makassar juga dilayani setiap harinya menggunakan pesawat B737-800NG dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 642) pukul 07.15 WIB dan tiba di Makassar pada pukul 10.45 WITA, dan akan berangkat dari Makassar menuju Palu (GA 608) pukul 13.55 WITA dan tiba di Palu pada pukul 15.10 WITA. Ini kemudian terbang kembali dari Palu menuju Makassar (GA 609) pukul 15.55 WITA dan tiba di Makassar pada pukul 17.10 WITA kemudian akan berangkat dari Makassar ke Jakarta (GA 613) pada pukul 19.50 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 21.10 WIB.