Intip Langsung Kungstradgarden, Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia

Huffington Post pada 23 Desember 2013 merilis peringkat tujuh stasiun bawah tanah paling menarik di dunia. Dan peringkat pertama adalah stasiun bawah tanah Kungstradgarden yang berlokasi di kota Stockholm, Swedia. Apa yang menarik dari stasiun bawah tanah di Negara Skandinavia ini? Penulis yang sempat bertandang ke stasiun bawah tanah ini pada pertengahan tahun lalu melihat sesuatu yang spektakuler, pasalnya stasiun bawah tanah ini dibangun diantara kepadatan bebatuan. Ini artinya dibutuhkan pengeboran ekstra ‘keras’ untuk menembus kerasnya bebatuan.

Sebagai informasi, sebagian besar kontur tanah di Stockholm berada dalam struktur tanah bebatuan. Tentu bukan visual bongkahan batu raksasa saja yang membuat Kungstradgarden bikin hati bergetar. Harus diakui interior Kungstradgarden yang bersih dibuat sangat menarik. Setiap patahan dan belahan batu di dinding dan langit-langit stasiun dipermak habis menjadi suguhan seni berkualitas tinggi. Ya, masuk ke dalam stasiun ini serasa menginjakkan kaki di museum seni.

IMG_0240

IMG_0227

Mosaik dalam ukuran kecil hingga besar menghiasi langit-langit. Lukisan warna-warni melapisi tiap dinding. Karya seni serupa juga terdapat di hampir seluruh stasiun kereta bawah tanah. Proyek seni ini dibuat oleh 150 seniman sejak tahun 1950-an. Hebatnya bila tiap stasiun dihubungkan, ini adalah pameran seni terpanjang di dunia dengan total jarak 110 kilometer.

Salah satu seniman yang berkontribusi besar dalam proyek ini adalah Ulrik Samuelson. Ia mulai melukis langit-langit Kungstradgarden pada tahun 1977, juga pola ubin warna-warni yang menyebar di lantai stasiun ini. Karya seninya di Kungstradgarden (yang berarti The King’s Garden) dibuat untuk Raja Charles XIII yang berkuasa di abad ke-17.

IMG_0244

IMG_0243

Selain karya seni, beberapa stasiun di Stockholm juga punya artefak arkeologis kepunyaan National Art Museum of Sweden. Salah satunya adalah patung batu dan patung marmer dari Istana Makalos, dibuat pada abad ke-18. Selain dipenuhi mosaik, dinding di beberapa stasiun juga diwarnai lukisan yang mencirikan keindahan alam Swedia. Kungstradgarden adalah stasiun tersibuk di kota ini. 176 ribu penumpang (dan wisatawan) datang ke Kungstradgarden setiap hari.

IMG_0237
Penulis di Kungstradgarden

Dari sejarahnya, stasiun metro Kungstradgarden dibangun di kedalaman 34 meter. Stasiun ini mulai dibangun pada dekade tahun 50-an. Ini adalah stasiun pusat jalur Bla Linjen (Blue Line) yang menghubungkan lebih dari 90 stasiun di seluruh kota Stockholm. Lewat beberapa tahap pembangunan, Kungstradgarden resmi dioperasikan pada 30 Oktober 1977.