Intip Keindahan Bangka Belitung dari Laut dan Udara

PMMC OPP MERAK

Bangka Belitung, provinsi baru yang berdekatan dengan Sumatera Selatan. Kedua provinsi ini berada dipulau yang terpisah, dan hanya bisa ditaklukan dengan menggunakan kapal ferry ataupun pesawat terbang untuk sampai ke Pulau Bangka dan Belitung.

Keindahan Bangka dan Belitung banyak sekali dikenal orang, tetapi Anda yang kesana mungkin hanya akan merasakan sensasi naik pesawat saja. Padahal kedua pulau nan indah ini, sebenarnya mampu di jajaki dengan kapal ferry bagi yang menyeberang melalui Palembang, Sumatera Selatan dan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.
dscf7096_resize2Jalur penyeberangaan yang ada di Pulau Bangka sendiri ada di tiga tempat yakni Pelabuhan Tanjung Kalian di Muntok, Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkal Pinang dan Pelabuhan Tanjung Gudang di Belinyu. Sedangkan di Belitung juga memiliki tiga pelabuhan yang bisa disinggahi oleh kapal ferry ataupun kapal cepat yakni Pelabuhan Laskar Pelangi di Tanjung Pandan, Pelabuhan Tanjung Batu dan Pelabuhan Manggar.

Untuk sampai ke Bangka ataupun Belitung bila menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, jarak yang ditempuh hanya 45 menit dan sebaliknya. Namun, untuk Anda yang ingin menuju ke Bangka atau Belitung menuju dari Palembang waktu yang akan Anda tempuh hanya 30 menit penerbangan. Dari jendela pesawat sebelum Anda akan mendarat di Babel, biasanya akan terlihat tanah-tanah putih yang menghias daratan, ini adalah bekas-bekas tambang timah. Karena kedua pulau ini penghasil timah terbesar di Indonesia.

Memang bisa dikatakan jarak tempuh kedua pulau ini tak begitu sulit, berbagai maskapai sudah bisa mendarat di kedua Pulau ini, di bandara Pangkal Pinang, Bangka dan Tanjung Pandan di Belitung. Tetapi, bagi Anda yang ingin sensasi berbeda, sebenarnya bisa menggunakan kapal ferry atau roro. Jangan berpikir hanya transportasi dari Palembang saja yang bisa ditempuh menggunakan kapal ferry, dari Jakarta dan Tanjung Pinang di Kepulauan Riau juga bisa menggunakan ferry atau roro.
360b30d916ce8849eefa8b8b9ff53b2cDari Palembang (Tanjung Api-api) menuju ke pelabuhan Tanjung Kalian di Muntok, ditempuh dengan kapal ferry, selain memudahkan Anda, ferry juga diperuntukkan bagi Anda yang membawa kendaraan dan ingin menuju ke Bangka. Waktu tempuhnya sekitar 2,5-3 jam perjalanan. Sedangkan Pelabuhan Bom Baru menyediakan kapal cepat sebagai moda penyeberangan untuk sampai ke Bangka maupun Belitung.

Nikmati suasana air biasanya lebih terasa dibanding perjalanan menuju pesawat. Memang jarak yang ditempuh cukup lama sekitar 3-5 jam dari Palembang maupun Tanjung Pinang. Apalagi dari Jakarta yang memakan waktu 24 jam. Namun, waktu yang lama ini justru bisa membuat Anda memiliki pengalaman baru, merasakan desiran ombak, mencium aroma air asin laut. Tak jarang, bila beruntung Anda bisa melihat lumba-lumba ataupun penyu yang berenang di dekat kapal cepat atau kapal ferry yang Anda tumpangi.

Tenang saja, kejenuhan dan kegelisahan Anda saat berada di dalam kapal justru terbayarkan bila sudah sampai ke Bangka maupun Belitung. Hamparan pasir putih yang indah, bebatuan besar yang menambah eksotisme pelabuhan, justru membuat Anda pasti tercengang dan memilih kembali ke Babel dengan menggunakan transportasi laut.

Selain mendapat keindahan, harga tiket menggunakan moda transportasi laut lebih murah ketimbang menggunakan pesawat. Dengan pesawat biaya yang di habiskan sekali perjalanan Rp400 ribu- Rp500 ribuan. Sedangkan harga tiket kapal cepat berkisar Rp140 ribu- Rp200 ribu dengan harga termurah di kelas ekonomi dan termahaal untuk VIP sedangkan eksekutif Rp170 ribu dengan keberangkatan dari Pelabuhan Pangkal Balam setiap hari kecuali hari Selasa.

Transportasi Darat
Sesampainya di Bangka atau Belitung, Anda akan jarang melihat angkutan umum, kalaupun ada hanya dikota Pangkal Pinang atau Tanjung Pandan. Sedangkan untuk menuju tempat wisata lain di Babel tersedia mobil sewaan, ojek ataupun penyewaan motor. Biasanya kisaran untuk sebuah mobil berkapasitas 8 orang dengan pengemudi perharinya Rp350 ribu, untuk ojek Rp100 ribu tergantung tujuan. Sedangkan untuk penyewaan motor Rp60 ribu perhari.