Inovasi Menjadi Tantangan Utama Transportasi Udara

Penerbangan baik di Indonesia maupun internasional seringkali mengalami berbagai macam tantangan, bukan hanya masalah sepele melainkan masalah yang besar pun sering terjadi. Terkadang masalah-masalah ini justru membuat para penumpang menjadi tidak nyaman terhadap maskapai. Apalagi bila ada penumpang yang melakukan perjalanan kerja atau memiliki phobia., ini sangatlah mengganggu.

Sebenarnya ada beberapa tantangan besar yang dihadapi dalam menjalankan transportasi udara seperti peningkatan kapasitas, layanan, keselamatan dan kompatibilitas lingkungan. Di udara, lalu lintas memang agak berbeda dengan di darat, tapi jangan salah di udara juga ada kemacetan. Bukan hanya karena cuaca yang bisa membuat sebuah penerbangan menjadi tertunda, kemacetan lalu lintas udara juga menjadi salah satu penyebabnya.

Hal ini, dikarenakan beberapa tahun terakhir perminataan perjalanan melalui udara meningkat dari tahun-tahun sebelumya. Ini juga yang membuat bandara semakin lama semakin berkembang dan meningkatnya sistem penerbangan bukan hanya perluasan bandara melainkan teknologi yang canggih pun terus ditambahkan untuk kenyamanan menjawab tantaangan transportasi saat ini.

Masalah keselamatan juga menjadi faktor penting dalam menghadapi tantangan transportasi udara ini. seperti Anda ketahui, pesawat adala transportasi paling aman dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Untuk keselamatan penumpang, pesawat memiliki keamanan terlengkap dari pengecekan keseluruhan pesawat hingga keamanan penumpang di dalam pesawat. Biasanya pihak maskapai akan benar-benar memeriksa pesawat secara terperinci agar tidak terjadi human error.

Tantangan terbesar maskapai untuk transportasi udara adalah penggantian pesawat yang memang tak layak pakai lagi dengan yang baru. Ini menjadi kunci keselaamatan terbesar. Setiap penumpang menginginkan kemanan yang lebih, apabila pesawat yang ditumpangi tidak layak pakai lagi sebaiknya maskapai mengganti bukan terus menggunakan pesawat tersebut hingga benar-benar membahayakan penumpang.

Kompatabilitas lingkungan salah satu hal terpenting, dimana inovasi diperlukan, bukan hanya teknologi tapi pengembangan terhadap keadaan bandara. Di Indonesia pengembangan bandara sudah mulai terlihat, tak hanya membuat Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih luas, melainkan jalur penerbangan ditambahkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma yang tadinya bukan sebagai bandara komersial.

Dilakukannya pengembangan ini seperti pembahasan di awal, karena ada peningkatan penumpang beberapa tahun ini. jumlah penumpang meningkat tiga kali lipat dari awal pertama bandara Soetta ini di bangun.