Inilah 5 Bandara Tertua di Dunia Yang Masih Beroperasi

Selain menjadi saksi sejarah pada masanya, bandara-bandara ini masih beroperasi hingga kini. Pengabdian mereka selama lebih dari 80 tahun di dunia aviasi memberikan cerita tersendiri bagi para calon penumpang yang singgah di sana. Berikut, KabarPenumpang.com himpun lima bandara aktif tertua di dunia versi laman airport-technology.com.

Baca Juga: Bandara Tempelhof, Megastruktur NAZI Yang Kini Jadi Taman Kota Besar di Berlin

College Park Airport (KCGS), Amerika

Sumber: washingtonpost.com


Bandara yang terletak di City of College Park, di Prince George’s County, Maryland, Amerika ini dibangun pada bulan Agustus 1909. Didirikan oleh United States Army Signal Corps, bandara ini awalnya berfungsi sebagai lapangan pelatihan bagi Wright Bersaudara yang dikenal sebagai penemu, pengembang, dan orang yang berhasil menerbangkan pesawat pertama di dunia.

Pada tahun 1973, College Park Airport diakuisisi oleh Maryland-National Capitol Park and Planning Commission (M-NCPPC) dan didaftarkan sebagai salah satu National Register of Historic Places empat tahun berselang. Bandara dengan landas pacu tunggal dengan panjang 792 meter dan lebar 18 meter ini berdiri di atas lahan seluas 28 hektar, dan memiliki beberapa fasilitas penunjang penerbangan, seperti stasiun pengisian bahan bakar hingga lounge khusus untuk pilot. Adapun hanggar bersejarah yang berada di bandara ini dialihfungsikan menjadi Prince George’s County Police Divisi Operasi Khusus.

Hamburg Airport (HAM), Jerman

Sumber: hamburg-airport.de

Bandara yang juga dikenal sebagai Flughafen Hamburg ini mulai beroperasi pada 1911 dan menjadikannnya bandara kedua tertua yang masih beroperasi di dunia. Tidak hanya itu, Hamburg Airport juga menyandang predikat sebagai bandara terbesar kedua di Jerman. Terletak 8,5 km sebelah utara pusat kota Fuhlsbüttel dan diketahui bandara ini berfungsi sebagai basis untuk beberapa maskapai asal Negeri Bavaria, seperti Germanwings, Condor dan easyJet.

Bandara ini juga dikenal sebagai bandara tersibuk kelima di Jerman dengan catatan 16.223.968 penumpang dan 160,904 pergerakan pesawat pada tahun 2016. Pada Juli 2017, Hamburg Airport menyuguhkan 130 destinasi penerbangan, empat diantaranya merupakan rute penerbangan jarak jauh, yaitu ke Dubai, Newark, Tabriz dan Teheran.

Bandara ini sempat mengalami renovasi besar-besaran di antara tahun 2001 hingga 2009. Proyek senilai €356 juta ini menghasilkan dua terminal baru, jalan akses yang lebih luas, lahan parkir, dan koneksi rel metro baru yang menjadikannya sebagai salah satu bandara paling modern di Eropa.

Bucharest Baneasa ‘Aurel Vlaicu’ International Airport (BBU), Romania

Sumber: istimewa

Bandara yang juga dikenal sebagai Bandara Baneasa ini terletak di distrik Baneasa, 8,5 km sebelah utara dari kota Bucharest, Rumania. Penerbangan pertama di bandara ini dimulai pada tahun 1909, namun seiring didirikannya sebuah sekolah penerbangan di lokasi tersebut pada tahun 1912, maka secara resmi pula lokasi tersebut menjadi sebuah bandara.

Bucharest Baneasa ‘Aurel Vlaicu’ International Airport merupakan satu-satunya bandara internasional yang ada di Rumania, setidaknya sampai tahun 1968, bandara ini harus melepas predikatnya dan bersanding dengan Bandara Internasional Henri Coandă. Angka tertinggi yang pernah dicapai oleh bandara ini dalam urusan melayani penumpang adalah 2,398,911 orang pada tahun 2011 silam.

Per 25 Maret 2012, semua operasi penerbangan komersial telah dipindahkan Bandara Internasional Henri Coandă. Kini, Bucharest Baneasa ‘Aurel Vlaicu’ International Airport hanya menangani penerbangan charter dan jet pribadi.

Baca Juga: Bandara Internasional Tegel, Berlin: Terus Beroperasi Atau Berubah Jadi Pusat Bisnis

Bremen Airport (BRE), Jerman

Sumber: airliners.de

Bandara yang terletak 3,5 km sebelah selatan kota Bremen ini didirikan pada tahun 1913 dan menjadikannya bandara aktif tertua keempat di dunia. Bremen Airport sempat dikelola oleh militer Jerman selama periode Perang Dunia I, dan dibuka kembali pada tahun 1920 untuk penerbangan komersial.

Tidak hanya berfungsi sebagai hub untuk maskapai Germania dan Ryanair, bandara ini juga menawarkan penerbangan non-stop ke 50 destinasi yang mencakup 20 negara di Eropa dan Afrika Utara. Selain itu, Bremen Airport juga merupakan bandara terdekat dari pusat kota di Eropa, karena hanya membutuhkan waktu 11 menit saja dari pusat kota. Infrastruktur bandara saat ini terdiri dari empat terminal (1, 2, 3 dan E), dua landasan pacu serta fasilitas transportasi darat.

Rome Ciampino Airport (CIA), Roma

Sumber: airport-data.com


Bandara yang terletak 12 km dari pusat kota Roma ini dibuka pada tahun 1916, merupakan bandara aktif tertua kelima di dunia. Rome Ciampino Airport saat ini berfungsi sebagai hub utama maskapai-maskapai bertarif rendah.

Bandara ini menawarkan penerbangan internasional ke sekitar 20 destinasi dan saksi mata dari sekitar 5,5 juta penumpang setiap tahunnya. Pertumbuhan lalu lintas udara yang cepat dewasa ini memaksa Kementerian Transportasi Italia untuk mencari bandara baru untuk Roma dengan kapasitas yang lebih besar. Setelah pembukaan Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino, Rome Ciampino Airport menangani hampir secara eksklusif penerbangan charter dan penerbangan eksekutif lainnya selama lebih dari tiga dekade.