Ini Dia Serba-Serbi NOTAM, Pemberitahuan Yang Terkesan “Menakutkan”

Sumber: istimewa

Peningkatan status dan beberapa letusan Gunung Agung di Bali pada Senin (27/11/2017) tadi pagi memaksa Airnav Indonesia mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) dengan nomor A4242/17 yang berisikan tentang penutupan sementara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, terhitung sejak Senin (27/11/2017) pukul 07:15 WITA. Adapun pembahasan ini tidak akan membahas tentang kondisi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pasca ditutup akibat dampak dari abu vulkanik, melainkan pada serba-serbi NOTAM itu sendiri.

Baca Juga: Pesawat Boleh Tetap Mengudara di Tengah Kepulan Abu Vulkanik, Asalkan…

Dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, NOTAM merupakan pemberitahuan dari ground handling crew yang disebarluaskan melalui perangkat telekomunikasi yang berisikan tentang informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi bahaya. NOTAM sendiri memiliki masa aktif yang pendek, bersifat kontinyu, dan penting untuk diketahui oleh personel operasi penerbangan.

Sesuai dengan definisinya, adapaun tujuan dari dikeluarkannya sebuah NOTAM adalah untuk menjamin kelancaran operasional, keamanan, keselamatan penerbangan, dan kegiatan terkait lainnya. Jika dilihat dari apa yang terjadi belakangan ini, NOTAM mungkin diklasifikasikan sebagai penyebar berita buruk di dunia aviasi, padahal pemberitahuan kepada kru udara ini bukanlah suatu hal yang baru atau langka di dunia kedirgantaraan. Sebelum sebuah pesawat mengudara, sang pilot dipastikan akan menerima sebuah NOTAM yang berisikan informasi terkait penerbangan tersebut.

NOTAM di Indonesia sendiri diterbitkan melalui NOTAM Office Kementerian Perhubungan. NOTAM yang dibuat dan diterbitkan untuk ruang udara Indonesia (Jakarta Flight Information Region/FIR dan Ujung Pandang FIR) dikategorikan dalam tiga seri: NOTAM Seri A untuk pendistribusian nasional dan internasional ; NOTAM Seri B untuk pendistribusian nasional dan internasional terbatas negara tetangga ; NOTAM Seri C untuk pendistribusian nasional.

Baca Juga: Giliran Airnav Terbitkan NOTAM, Bandara Ngurah Rai Ditutup Sementara Mulai Pagi Ini

Lalu, apa saja yang harus diinformasikan Ground Handling Crew kepada petugas yang berada di pesawat melalui NOTAM? Tentu saja ada banyak sekali informasi yang harus disampaikan melalui NOTAM, seperti pendirian, penutupan, atau perubahan penting pada operasional bandar udara ; Kegiatan berbahaya yang berpengaruh pada navigasi penerbangan misalnya kegiatan militer, display, lomba, atau terjun payung; Perubahan peraturan yang memerlukan tindakan segera, misalnya daerah terlarang untuk kegiatan SAR; dan Informasi penting lainnya yang disebabkan oleh gempa bumi, asap dari kebakaran hutan, dan lain lain, yang mengganggu operasional bandar udara dan navigasi penerbangan.

Jadi, sedikitnya sudah paham kan mengenai NOTAM?