Ini Dia, Para Pekerja Ground Support System di Bandara

Setiap kali pesawat mendarat, menurunkan, mengambil penumpang, dan kemudian tinggal landas, pastinya membutuhkan keterlibatan dari banyak pihak, termasuk Ground Support System. Tanpa keterlibatan mereka, mustahil pesawat dapat disiapkan untuk dapat menjalani penerbangan dengan aman. Kesiapan air bersih, mengecek kondisi air conditioner, sampai dukungan bahan bakar, kesemuanya menjadi rentetan peran sebagai pihak-pihak yang mendukung beroperasinya penerbangan komersial.

Mungkin Anda pernah melihat seorang petugas dengan memegang double lamp stick di tangan untuk memberikan tanda bagi pesawat atau petugas yang tiba-tiba menghampiri pesawat dan mengecek dari ban hingga dalam pesawat, tapi masih bingung apa tugas mereka? Meraka adalah petugas parkir di bandara alias petugas parkir pesawat saat akan take off ataupun landing dan teknisi khusus pesawat. Berikut ini adalah penjelasan tentang pekerjaan pada bagian ground support yang ada di bandara.

1. Aircraft Maintenance Engineer (AME)
AME bertugas untuk menjaga status airworthines (kebaikan terbang) dari sebuah pesawat terbang yang biasanya dilakukan sebelum pesawat siap dan bisa beroperasi (terbang). Biasanya AME akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi pesawat laik untuk terbang. Bila ada masalah di pesawat terbang, AME akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Para AME bekerja berdasarkan dokumen resmi atau approved manual dan semua yang dikerjakan akan tercatat pada sebuah buku catatan khusus mengenai kondisi pesawat yang dinamakan aircraft maintenance log book.

Youtube.com
Youtube.com

2. Flight Operation Officer (FOO)
Biasa FOO dikenal sebagai The Captain on Ground atau pilot darat. Mereka yang menjabat sebagai FOO haruslah personel yang berlisensi mengoperasikan pesawat terutama penerbangan yang berjadwal dan mengatur penerbangan dari darat. FOO ini berbeda dengan penerbang (pilot). FOO tidaklah mengemudikan pesawat terbang tetapi seorang yang bertugas sebagai FOO haruslah mengetahui dasar-dasar penerbangan yang juga dipelajari oleh penerbang atau pilot. Tugas FOO adalah membuat suatu rencana penerbangan atau pre-flight planning. FOO juga yang menentukan pesawat delay atau tidaknya dan dispatch release (melepas sebuah pesawat untuk menjalankan penerbangan).

www.un.org
www.un.org

3. Marshaller
Ini yang dikatakan seorang petugas parkir pesawat di landasan pacu hanya saja namanya marshaller. Marshaller lah yang memberikan komando kepada pilot pesawat terbang untuk memarkirkan burung besi raksasa tersebut ketika mendarat pada landasan pacu. Seorang marshaller harus benar dan tepat saat memberikan tanda atau komando kepada pilot. Sebab untuk memarkirkan pesawat terbang yang memiliki ukuran besar harus berhati-hati dan tidak boleh lengah sedikitpun. Meskipun hanya seorang tukang parkir pesawat terbang, tetapi untuk menjadi marshaller harus memiliki pendidikan khusus dan biasanya lama pendidikan satu tahun.

4. Ground Handling
Biasanya bertugas pada penanganan pada barang di darat. danditangani oleh ground staff baik saat keberangkatan dan kedatangan pesawat, dimana masalah pengangkutan barang di titik beratkan pada petugas di ground handling ini.

Ahram-Weekly
Ahram-Weekly

5. Ground Refuelling
Pengisian bahan bakar, biasanya para petugas pengisian bahan bakar ini bekerja di darat untuk pesawat penumpang biasa dan harus di dampingi oleh seorang FOO karena tidak sembarang untuk mengisi bahan bakar sebab ini juga berpengaruh pada keseimbangan pesawat.

IN2-Innovation
IN2-Innovation