Ini Dia Jurus Jitu Atasi ‘Beser’ Selama Perjalanan Jarak Jauh

Sumber: istimewa

Menempuh perjalanan panjang dengan menggunakan angkutan umum seperti bus memang tidak selalu mengenakkan, apalagi jika rasa ingin buang air kecil mulai mendera. Tidak melulu setiap moda tersebut menyediakan kamar kecil, dan mau tidak mau, Anda harus menunggu bus tersebut berhenti di rest area. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah rasa ingin buang air kecil ini timbul? Berikut KabarPenumpang.com sarikan beberapa tips terkait masalah di atas, dilansir dari laman wikihow.com.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Menahan BAB Saat Perjalanan Jauh

Pastikan Bus Menyediakan Toilet
Ya, seperti yang sudah disinggung di atas, tidak semua bus menyediakan layanan toilet di dalam modanya. Pastikan bus yang hendak Anda tumpangi dilengkapi dengan fasilitas toilet yang dapat memberikan solusi bagi Anda yang ingin buang air kecil.

Cukupi Konsumsi Air Sebelum Berangkat
Janganlah Anda terlalu banyak meminum air saat hendak melakukan perjalanan jauh, terutama minuman yang mengandung kafein dan alkohol, karena kedua minuman yang mengandung dua zat tersebut akan memancing sistem pencernaan Anda untuk bekerja lebih keras dan akan memaksa Anda untuk buang air lebih sering daripada Anda mengkonsumsi air putih.

Pastikan Anda Mengetahui Lokasi Peristirahatan Bus
Ini penting bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan jauh menggunakan bus umum. Tanyakan lokasi peristirahatan bus kepada petugas yang berada di terminal maupun di dalam bus, sehingga Anda dapat memperkirakan pasokan air yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Jangan Silangkan Kaki
Jika Anda sudah tidak kuat untuk menahan urine lebih lama lagi, segera kendurkan celana Anda dan duduklah dengan kaki terbuka lebar. Ini akan membantu Anda untuk bisa menahan sedikit lebih lama lagi urine Anda.

Baca Juga: Tips Kenalan “Ampuh” di Moda Transportasi, Intinya Tidak Boleh Dipaksakan!

Gunakanlah Toilet Jika Ada Kesempatan
Untuk menghindari penyakit yang mungkin datang karena terlalu lama menahan buang air kecil, ada baiknya menggunakan setiap toilet yang Anda temui.

Alihkan Perhatian Anda
Jika rasa ingin buang air kecil mulai melanda, coba untuk memainkan gadget, baca buku, atau aktifitas lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda.