Ini Dia! 10 Perjalanan Kereta Terbaik di Eropa

The Guardian

Wisata Eropa dan kereta memang tak bisa dilepaskan, keduanya salit terkait, mengingat sejarah Eropa selalu terkait dengan jaringan kereta yang mengular lintas negara. Bagi pelancong dari mana pun mereka berasal, obsesi untuk menikmati perjalanan lintas Eropa adalah hasrat yang selalu diimpikan. Petualangan ke beberapa negara dengan kereta cepat, pemandangan alam yang indah nan asri, ditambah kemudahan dalam sistem pembayaran, kesemuanya adalah sensasi perjalanan kereta di Benua Biru.

Baca juga: 10 Tips Menikmati Perjalanan dengan Kereta di Eropa

Dengan lintasan track rail yang tersebar luas di setiap negara, dan hebatnya saling terkoneksi, ada beberapa provider kereta yang layak menjadi rujukan untuk Anda coba dalam menjajal si kuda besi. KabarPenumpang.com merangkum dari laman telegraph.co.uk (10/1/2018), berikut perjalanan kereta api terbaik yang bisa digunakan dalam perjalanan di Eropa.

1. Eurostar
Perjalanan kereta api musim semi 2018 ini akan meluncur dari London St Pancras ke Rotterdam. Kereta ini akan menempuh waktu tiga jam dan sampai ke Amsterdam empat jam. Layanan kereta cepat ini dua kali sehari dengan rolling stock e320. Dalam gerbong baru kereta ini mampu menampung 900 orang dan disediakan layanan WiFi gratis serta makanan di Standard Premier dan Business Premier. Tiket sekali perjalanan Eurostar baik dari London ke Amsterdam atau sebaliknya sekitar £29 atau Rp546 ribu.

2. Schwyz digerakkan oleh kabel
Pada Desember 2017 kemarin, wilayah Swiss yakni Schwyz merupakan desa yang bebas dari mobil dan menggunakan cable car untuk mengangkut penumpang. Cable car ini sekali jalan mampu menampung 34 penumpang dan tiketnya sekitar £17 atau sekitar Rp320 ribu.

3. Caledonian sleeper
Kereta ini menghubungkan London Euston dengan Glasgow, Edinburgh, Fort William, Inverness dan Aberdeen dikethaui telah memiliki 75 gerbong baru tahun 2018 ini. Dalam perjalanannya dengan kereta ini, penumpang untuk pertama kalinya memiliki kamar mandi en suite yang menjadi satu dari empat jenis hal baru didalam kereta ini. Selain itu penumpang bisa merasakan tidur di kursi nyaman dan loker tempat barang yang aman. Kereta ini juga menghadirkan kamar tipe klasik dengan satu atau dua tempat tidur dan wastafel. Adapula kamar tipe club dengan kamar mandi en suite atau dengan shower. Kelas suite menghadirkan kamar tidur dengan tempat tidur besar dan juga dilengkapi dengan kamar mandi. Nantinya gerbong baru ini tersedia bertahap mulai bulan April dimana akan dilengkapi akses kunci dengan kartu, WiFi dan bisa dipesan untuk 12 bulan kedepan. Tarif yang dikenakan yakni dari harga standar £80 atau Rp1,5 juta dan kelas satu £150 atau Rp2,3 juta.

4. Ferry/Orange Train
Kereta Orange ini melayani rute London menuju Mallorca yang memakan waktu tempuh tujuh jam setengah melalui Provence dari London ke Toulon. Tarif tiket London ke Toulon £60 atau Rp1,2 juta.

5. Glacier Express
Menjadi salah satu kereta wisata favorit Swisst antara Zermatt dan St Moritz sejak tahun 1930. Tahun 2018 ini, rute Glacier ini menjadi situs warisan dunia. Rute ini menghadirkan keindahan dengan pendakian ke terowongan Albula yang menjadi salah satu keajaiban teknik perkeretaapian Eropa dimana terowongan dan jembatan spiralnya ada. Pada musim gugur 2018 ini, Glacier Express menghadirkan layanan baru dengan gerbong mewah yang menampung 20 kursi dan menawarkan lima hidangan dengan layanan pribadi dan bar. Tiket kereta ini dari St Moritz ke Zermatt £103 atau sekitar Rp1,9 juta.

6. Trans-Siberia BAM Explore
Jalur Utama Baikal-Amur 2.700 mil (4.345km) membentang di utara Kereta Api Trans-Siberia melintasi Timur Jauh Rusia dengan waktu tempuh tujuh jam waktu Moskow. pada Juli mendatang, operator kereta api mewah Golden Eagle akan mengoperasikan kereta dari Vladivostok ke Siberia selama 15 hari. Tarif untuk sekali jalan ini £12,895 atau sekitar Rp243 juta per orangnya.

7. Railjet
Kereta utama Austria ini, menempuh perjalanan dari Wina ke Venesia dan memberikan kenyamanan penumpang dengan layanan WiFi gratis untuk kelas dua, anggur dan kursi kulit di kelas bisnisnya dan kelas satu. Kereta ini melalui Eropa Tengan dengan kecepatan 140 mil per jamnya. Rute yang dilalui kereta ini memberikan pemandangan yang indah. Selain itu juga melayani perjalanan dua kali sehari dari Wina ke Venesia atau sebaliknya. Perjalanan yang memamkan waktu delapan jam ini melalui Semmering railway, Unesco World Heritage Site, di tengah puncak Alpine, jembatan berusia 150 tahun dan padang rumput pegunungan. Tarif yang dikenakan pada penumpang €29 atau sekitar Rp477 ribu dan kelas bisnis €71,50 atau Rp118 juta.

8. FEVE
Kereta ini bukan kereta mewah, namun memberikan perjalanan yang menakjubkan sepanjang pantai di wilayah Asturias di barat laut Spanyol. Memberikan pemandangan pegunungan Picos de Europa dan pantai yang indah serta kota tua yang menakjubkan. Perjalanan dengan kereta ini juga termasuk menginap dua malam do Casas de Indianos. Tarif yang diberikan £625 atau Rp11,8 juta untuk dua orang

9. Lakes and Lochs
Beberapa pemandangan lanskap Inggris yang paling menakjubkan ada di danau lintas batas dan Lochs by Loch yang baru tujuh malam dari McKinlay Kidd, terpilih sebagai Best Specialist Tour Operator di 2017 Telegraph Travel Awards. Dibutuhkan di Inggris dan Skotlandia, dimulai dengan tiga malam di Lake District di sebuah hotel di tepi Ullswater (dengan kapal pesiar) sebelum menuju ke utara selama dua malam di kota Highland Pitlochry yang populer, termasuk tur pribadi Perthshire. Akhirnya, jalur utama melalui jantung Dataran Tinggi ke Inverness untuk menginap dua malam menghadap Loch Ness (dengan pelayaran danau) sebelum kembali ke selatan ke Edinburgh atau Glasgow. Tarif sekali jalannya £1.495 atau rp29 juta per dua orang.

Baca juga: Terdesak Kereta Cepat, Parlemen Eropa Tinjau Kelayakan Bisnis Kereta Malam

10. Elizabeth Line
Dikenal selama bertahun-tahun dalam pembuatannya sebagai Crossrail, Elizabeth Line akan dibuka pada bulan Desember 2018 ketika bagian pusat dijadwalkan dibuka untuk memungkinkan dimulainya tiga layanan terpisah yakni Paddington-Abbey Wood, Paddington-Heathrow dan Liverpool Street-Shenfield. Jalur baru akan memudahkan untuk mendapatkan berbagai atraksi, seperti stasiun pemancar Grade I yang terdaftar di Crossness, dekat dengan Abbey Wood. Juga, seperti stasiun perpanjangan Jubilee Line, stasiun Elizabeth Line bawah tanah telah dibangun sebagai simpang susun dan juga tahan terhadap masa depan, sehingga skala mereka terikat untuk mengesankan dan menarik penasaran bahkan sebelum tahap selanjutnya diimplementasikan pada tahun 2019, yang berpuncak pada Desember dengan melalui kereta api antara Reading-Heathrow dan Shenfield-Abbey Wood.