Ingin Hilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil? Tinggalkan Pengharum Kemasan dan Beralih Menuju Bahan Alami

Sumber: istimewa

Memiliki orang terdekat seorang perokok memang sedikit kurang menyenangkan, ya. Selain asapnya yang bau ketika mereka membakar rokok, bau dari asap tersebut pun kerap kali menempel di benda-benda sekitarnya, sebut saja baju, kemeja, hingga interior mobil. Nah, biasanya, bau yang menempel di interior kendaraan seperti jok, langit-langit, dan lain-lain tidak bisa hilang begitu saja, perlu trik khusus agar bau tersebut bisa minggat.

Baca Juga: KunKun – Alat Pendeteksi Bau Badan, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Tapi tunggu dulu, sebelum melangkah lebih jauh, ada dua cara yang dapat ditempuh oleh para pemilik kendaraan yang ingin menghilangkan bau rokok di kendaraannya, bisa menggunakan bahan kimia, dan bisa menggunakan bahan alami. Tentunya, penggunaan pengharum mobil yang dikombinasikan dengan semburan Air Conditioner (AC) sudah sangat lumrah digunakan oleh kebanyakan orang.

Kendati relatif lebih cepat menghilangkan aroma tidak sedap dari dalam mobil, namun pengharum mobil seperti ini terbuat dari bahan kimia yang seyogyanya memiliki efek samping bagi kesehatan, baik cepat maupun lambat. Segar, memang. Tapi kalau berbahaya bagi kesehatan di masa yang akan datang? Mungkin Anda akan mulai mencari-cari tentang pengharum mobil yang aman bagi kesehatan.

Di sini, bahan-bahan alami maju sebagai pesaing kuat senyawa kimia dalam kemasan plastik, kaleng, hingga botol kaca tersebut. Banyak bahan-bahan di sekeliling kita yang dapat menjadi bahan ampuh penghilang bau rokok yang menempel. Sebagai permulaan, serbuk kopi dikenal sebagai senjata ampuh untuk menghilangkan bau, termasuk bau rokok membandel di dalam mobil.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman bacaterus.com, Anda cukup membungkus bubuk kopi dalam sebuah kain tipis dan menyimpannya di penjuru mobil. Selain dapat menghilangkan bau rokok, bubuk kopi pun dapat menghilangkan bau tak sedap lainnya.

Selain kopi, dedaunan seperti daun pandan pun terbukti ampuh guna menghilangkan bebauan seeprti yang sudah dijabarkan di atas. Cukup potong beberapa daun pandan kira-kira 10 cm, dan sebarkan di dalam mobil, seperti di dalam laci, tempat penyimpanan botol yang berada di samping pintu, dan sudut-sudut mobil lainnya. Selain dapat menyerap bau dan menggantikannya dengan aroma yang khas, perpaduan pandan dan semprotan AC dapat memancarkan vibrasi positif yang dapat menekan urat emosi.

Baca Juga: Tips, Antisipasi Bau Badan Saat Berlibur di Musim Panas

Buah-buahan pun tidak mau kalah unjuk gigi. Diketahui kulit jeruk merupakan salah satu yang paling vokal dikenal sebagai penghilang bau. Dengan menggunakan metode yang hampir sama dengan daun pandan tadi, kulit jeruk akan memancarkan aroma segar ke seluruh penjuru mobil. Selain itu, buah durian dan peuyeum pun dapat dengan cepat menghilangkan bau rokok dan menggantikannya dengan bebauan khas tersebut.